Gue yang Golput di 2009

Gue Golput neh!…yaiks tapi bukan karena niatan gue sendiri melainkan sistem birokrasi pindah KTP yang bikin lama sehingga gue perkirakan sampai pada saat hari H pesta rakyat tersebut, gue masih belum punya KTP.

Tapi walaupun gue Golput, mungkin ada baiknya kalo para pembaca sedikit menyimak rekomendasi gue. Sori, disini tulisan gue bersifat subjektif alias dari pengamatan pribadi gue, jadi harap maklum aja kalo ada yang tidak berkenan apalagi tersinggung sama tulisan gue.

Oh iya, mungkin gue juga gak bakalan menampilkan 44 partai peserta PEMILU 2009 karena gak semuanya gue kenal. Nih:

  1. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA). Jika dilihat dari visi, HANURA punya 2 (dua) visi, yakni Kemandirian Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat. Nah, kalo gue lihat nih, visi Kemandirian Bangsa kok sifatnya terkesan hanya sementara saja ya. Padahal yang namanya visi kan harus menjadi suatu tujuan yang selalu dapat relevan sepanjang masa.hanura

    Kemandirian Bangsa
    Bangsa Indonesia saat ini terasa tidak mandiri lagi. Banyak tekanan dan intervensi asing yang sudah merajalela merugikan kehidupan seluruh bangsa. Kita harus rebut kembali, bangun kembali kemandirian kita dalam penyelenggaraan negara.”

    Hidup di era global ini rasanya tidak mungkin apabila kita sebagai suatu bangsa dapat berdiri dengan sendiri, alias melepaskan diri dari komunitas global. Kenapa visinya tidak “Indonesia sebagai penentu komunitas global” atau “Indonesia diperhitungkan dunia”.

    Namun diluar dari hal tersebut, Mr. Wiranto merupakan seorang sosok yang termasuk gue kagumi karena beliau kepemimpinannya tegas, dapat berpikir strategik dan memahami percaturan politik. Sayangnya, banyak yang bilang bahwa era 2009 ini adalah era pemain baru dan muda sehingga sosok Mr. Wiranto sepertinya tidak termasuk di dalamnya.

    Partai ini sendiri layak gue rekomendasikan untuk masuk ke dalam 10 besar.

  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA). Nah kalo yang ini visinya punya selling point yang bagus: “Menjadi partai politik yang mampu menciptakan kesejahteraan bangsa, keadilan sosial, dan tatanan politik negara yang melandaskan diri pada nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.” gerindraJelas-jelas GERINDRA sangat mengedepankan arti luhur Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia dan sampai kapanpun selagi yang namanya Indonesia berdiri sebagai sebuah negara bersatu dan berdaulat maka visi tersebut akan tetap relevan.Selain itu, GERINDRA nampak serius dalam menangani masalah pertanian, perikanan dan sejenisnya. Ini sangat bagus (baca: apabila konsisten berjuang) karena masyarakat majemuk Indonesia secara mayoritas adalah petani, nelayan, pengusaha kecil dan sejenisnya. GERINDRA, dengan Mr. Prabowo sebagai calon presiden, juga berhasil menggaet para lawan politik masa lalunya sehingga partai ini akan dibangun melalui kebersamaan sekaligus perbedaan/kontroversi masa lalu politik masing-masing pengurusnya.Sisi negatifnya, Mr. Prabowo dikenal masa lalunya sebagai seseorang yang kental dengan aroma militer.

    Di sisi lain, Mr. Muchdi juga sempat dilanda kasus Munir alias kasus pelanggaran HAM. Nampaknya disini akan terjadi perdebatan panjang mengenai hal ini. Di satu sisi ada pihak yang pro mendukung langkah mereka sebagai jalan untuk menyelamatkan negara, di sisi lain ada pihak yang kontra dan mengusung HAM sebagai pokok yang harus dituntaskan.

    Namun bagi gue, partai ini gue rekomendasikan masuk 5 besar.

  3. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Dahulu dikenal sebagai PKP, dimana banyak diisukan bahwa PKP ini merupakan pecahan dari Partai Golkar akibat perseteruan yang terjadi ketika MUNASLUB Golkar 1998. pkpiGue gak bisa bilang banyak tentang partai ini, namun partai ini sangat menjunjung tinggi arti luhur Pancasila dan UUD 1945 sehingga apabila partai ini konsisten memperjuangkan misinya tersebut maka Indonesia akan tetap utuh.Cuma yang gue kurang sreg alias pas disini adalah para pengurusnya. Sebab para pengurus inti PKPI ini merupakan produk lama.Seperti yang gue bilang sebelumnya, PEMILU 2009 ini yang ngetren kan orang baru dan kaum muda sehingga PKPI ini terkesan tua.Bagi gue partai ini masih layak dimasukkan ke dalam 10 besar namun tidak untuk 5 besar.
  4. Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Visinya jelas menyuarakan suara pemeluk agama mayoritas di Indonesia, yakni Islam. Namun pedekatan partai ini sangatlah unik. PKS tidak mengelompokkan dirinya ke dalam jajaran partai Islam yang konservatif karena PKS tahu bahwa kebanyakan muslim di Indonesia bersikap moderat. Aspirasi PKS itu sendiri lebih ingin meng-Islamkan pemikiran bangsa Indonesia, dan bukan mengkultuskan agama Islam maupun menggunakan simbol-simbol ke-Islaman yang dirasakan justru mendekati eksklusifisme agama. pksMisi PKS di dalam berpolitik juga gamblang, yakni BERSIH, PEDULI, PROFESIONAL. Bagi masyarakat yang berpikir dan punya intelektual, pesan tersebut sudah lebih dari cukup untuk PKS agar dapat mempertanggungjawabkan arti ketiganya di dalam percaturan politik nasional.Keunikan lainnya, PKS tidak membawa sebuah sosok tertentu melainkan menawarkan suatu sistem sehingga siapapun yang lengser ataupun naik tidak jadi masalah, hal ini seperti layaknya Partai Golkar.Sebenarnya gue merekomendasikan PKS sebagai 3 besar namun berhubung PKS itu sendiri tidak mentargetkan agar partainya menang mutlak di dalam PEMILU 2009 maka gue bisa menyimpulkan bahwa PKS hanya ingin agar aspirasi partainya dapat dijalankan sebagai bagian dalam program penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan.
  5. Partai Amanat Nasional (PAN). Dahulu kala, partai ini sangat dekat asosiasinya sebagai partai wadah warga Muhammadiyah. Namun lama kelamaan gue melihat PAN lebih mendekati sekularisme dan sedikit diisukan sebagai partai para selebritis dan money party. No joke tapi memang begitu isu yang beredar.Ketika Amien Rais masih berada di partai ini, gue sendiri sempat mencoblos partai ini namun dengan bergantinya kepemimpinan maka gue jadi sangsi. Bukan sangsi karena Mr. Bachir tidak bisa memimpin tetapi lebih kepada visi PAN yang semakin tidak kelihatan arahnya kemana.panSisi positifnya, PAN merupakan sebuah partai yang sudah matang dan para pengurusnya semakin serius membenahi partai sehingga PAN terlihat lebih solid dalam menghadapi PEMILU 2009. Lalu terlihat juga bahwa PAN serius dalam masalah membangun kemandirian bangsa, dimana konsep kemandirian ini tidak semuluk-muluk seperti partai HANURA.Kemandirian yang dimaksud adalah dengan mencoba memanfaatkan SDM dan SDA Indonesia agar lebih optimal dan tidak terlalu bergantung pada modal asing. Jika SDM dan SDA sudah optimal, otomatis ketergantungan terhadap modal asing maupun intervensi asing akan berkurang.

    Menurut gue, PAN masih layak masuk 10 besar.

  6. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai ini sebenarnya sudah diambang kepunahan jika tidak ada perbaikan imej yang signifikan. Gue berani bilang begini soalnya PKB identik dengan Gus Dur, dan sebagian warga NU masih mengkultuskan Gus Dur sebagai pemimpin, dimana pada PEMILU 2009 ini justru Gus Dur memilih keluar dari PKB dan bergabung dengan GERINDRA.pkbMr. Muhaimin Iskandar sebenarnya seorang politikus yang cerdik namun apabila imej PKB tidak segera dirubah maka pilihan suara yang sebelumnya memilih PKB akan banyak berpindah ke partai lain. PKB sendiri masih dianggap merupakan bagian dari Partai Islam konservatif, dimana simbol dan budaya keArab-Araban masih diterapkan, sehingga perubahan menjadi partai yang bersifat nasional dan sekular akan sulit dilakukan dalam waktu yang singkat.Karena Gus Dur masih gak jelas maka ada kemungkinan bahwa partai ini masih masuk kedalam 10 besar walaupun gue pribadi tidak menganggapnya seperti itu.
  7. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP). Partai ini, dipimpin oleh Roy BB Janis merupakan sempalan dari PDIP. Pesannya singkat, yakni mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan Pancasila. Jelas PDP mengusung apa yang diharapkan juga oleh PDIP, namun dengan keunikan bahwa partai ini tidak mengandalkan sebuah sosok yang dikultuskan seperti PDIP yakni Megawati, melainkan PDP sangat mengandalkan sistem.
    pdp
    Gue rasa ini suatu hal yang bagus karena apabila sebuah partai berlandaskan kekuatan pada sistem maka siapapun yang lengser maupun naik di dalam kancah politik tidak akan berpengaruh pada popularitas partai. Gue pribadi berani bilang kalo partai ini bisa masuk ke dalam 10 besar, juga mengingat banyaknya simpatisan PDIP yang memilih bergabung dengan PDP.
  8. Partai Republika Nusantara (Republikan). Pertama kali gue tahu, kirain partai ini adalah impor dari luar negeri eh tahunya partai nasional. Dengan mengandalkan Sri Sultan maka partai ini berani tampil ke kancah politik nasional dan bahkan mencoba untuk maju menampilkan calon presiden. Dari iklan, partai ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat kecil karena eksposurenya kurang jelas.

    Dan visi-misi dan tagline yang dibawanya juga kurang banyarepublikank diketahui masyarakat Indonesia. Satu-satunya yang menjadi selling point Republikan adalah calon presidennya itu sendiri namun bagi orang Golkar, Sri Sultan merupakan seorang tokoh yang sedang khilaf.

    Menurut gue juga begitu sih…masa lupa sama partai yang membesarkannya.Kalo ditanya, kemungkinan gue bakal bilang kalo Republikan ini 50-50 untuk masuk ke 10 besar.

  9. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai yang sarat dengan nuansa Megawati ini sangat menjunjung tinggi NKRI, Pancasila dan UUD 1945 walaupun pada saat Megawati menjadi presiden, pulau Sipadan-Ligitan dihibahkan kepada negara tetangga yakni Malaysia.Yang gue takut adalah bahwa partai ini sangat mengkultuskan kepemimpinan Taufik Kiemas, eh salah, Megawati maksudnya. Kalo gue boleh saran, sebaiknya PDIP mulai berpikir agar Megawati tidak lagi dijadikan selling point untuk kampanye partai karena bisa jadi bumerang apabila sewaktu-waktu Megawati mengundurkan diri atau tidak bergabung.pdip

    Sisi positifnya, apabila partai ini bukan menjadi pemenang PEMILU 2009 maka gue sangat mendukung program-programnya dalam menegakkan rasa nasionalisme.
    Jadi gue tidak berharap partai ini menang PEMILU tapi pengennya PDIP tetap masuk 5 besar.

  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Walah, partai yang satu ini kalo gue bilang sih merupakan partai Islam konservatif yang sudah cukup tua dimana ada fans berat PPP, yakni para kyai NU yang merupakan tokoh atau sesepuh yang dapat menggerakkan segenap massa kyai tersebut untuk mendukung partai.
    ppp
    Visi dan misi partai sangat jelas, yakni menegakkan syariah tanpa mengorbankan konsep Pancasila. Dengan massa yang masih banyak, PPP sepertinya masih bisa masuk ke dalam golongan 10 besar. Kalau gue sendiri…ummm…no comment lah.
  11. Partai Demokrat. Partai yang berhasil mengusung SBY ke RI I ini kalo gue bilang masih layak dipercaya untuk meneruskan SBY sebagai wakil menjadi RI I. Cuma gue bingung, bagaimana nantinya apabila SBY sudah tidak menjabat? demokratTapi yang jelas, Partai Demokrat sangat menekankan pembangunan civil society ketimbang kesejahteraan rakyat.

    Bagi gue, justru hal ini merupakan unique selling point karena apabila masyarakat sudah kuat maka otomatis kesejahteraan rakyat akan tercapai.Namun bagi kebanyakan masyarakat, obat lebih kelihatan mujarabnya ketimbang vaksin sehingga apa yang dilakukan SBY selama ini tidak begitu kelihatan. Ya bagi orang berpendidikan sih jelas terlihat, namun bagi masyarakat kurang berpendidikan hal ini kurang terlihat.Kalo gue pribadi, gue mendukung ummm..SBY untuk tetap menjadi RI I.

  12. Partai Golongan Karya (GOLKAR). Gue ga mau berbicara banyak tentang detail partai ini, yang jelas visi dan misi GOLKAR sangatlah jelas, terstruktur, relevan, feasible dan yang terpenting KOMPREHENSIF di mata gue.Belum lagi sistem partai yang sangat rapih serta kaderisasi partai yang terprogram sehingga gue pribadi sangat merekomendasikan partai ini menjadi partai nomor 1.golkarSelain itu, pengurus partai dipenuhi oleh orang-orang berpendidikan yang sangat memahami proses administrasi negara, politik, kemasyarakatan (tidak hanya kaum atas namun juga kaum bawah), ekonomi, dan yang terpenting adalah pengalaman yang dimiliki partai dalam memimpin bangsa.

    Sebenarnya masih ada 32 partai lainnya yang belum disebut, namun bagi gue keduabelas partai ini merupakan partai yang sudah mantap untuk saling berebut menduduki posisi 10 besar di kancah PEMILU 2009. Pesan gue, jangan pernah capek untuk semangat berjuang membangun bangsa kita tercinta.

    SELAMAT MEMILIH DAN PILIHLAH DENGAN HATI NURANI!!!!!!!!!!!!!!!

    POKOKNYA SEMUA DEMI KEMAJUAN INDONESIA AGAR MAKMUR, SEJAHTERA, BAHAGIA DAN DIPERHITUNGKAN DI DUNIA INTERNASIONAL…OK.

4 Comments

  1. Di Copy Paste :

    POKOKNYA SEMUA DEMI KEMAJUAN INDONESIA AGAR MAKMUR, SEJAHTERA, BAHAGIA DAN DIPERHITUNGKAN DI DUNIA INTERNASIONAL…OK.

    Dapat di perhitungkan di Dunia jika partainya mengusung perubahan di NKRI dengan Partai yang berkomitment pada JUJUR, BERSIH, PEDULI dan PROFESIONAL.

    Jadi tidak ada kata Golput lagi karena pilihan Partai yang benar2 dalam menampung aspirasi/kepentingan masyarakatnya serta terbukti ditindak lanjuti sudah ada wadahnya …………..

    Salam.

  2. Tragis jika PKS betul2 berkoalisi dengan SBY bahlul si pelindung bisnis kafir, saatnya PKS merapat ke partai2 Islam lainnya yang telah mereka gembosi suaranya dan berjuang bersama mereka untuk kemshalahatan umat. INSYA ALLAH!

    Buktikan bahwa dana umat yang telah disedot untuk iklan politik PKS memang benar2 untuk kepentingan umat Islam, bukan kepentingan petinggi PKS saja, buktikan hijaumu PKS!
    Jangan biarkan dirimu dianggap sebagai partai pragmatis dan oportunis, itu memalukan!

    Buat para kader, saatnya kita mawas diri dan berkaca kembali akan manuver2 petinggi PKS yang haus kekuasaan saat ini, mari kembali melayani masyarakat dalam tatanan bermasayarakat yang lebih Islami, daripada sekedar tercuci otak dan terjebak dalam permainan partai!
    Tujuan kita awalnya mendukung PKS adalah untuk mengagungkan Islam, bukan untuk kepentingan kekuasaan para petinggi partai, dan sayangnya banyak kader yang tidak menyadarinya!

  3. mas piko…maaf mau ikut promosi yaa…:)

    Pusat Iklan Bandung – Pusat Layanan Iklan Termurah dan Terlengkap

    Paling murah harganya

    Paling lengkap fasilitasnya?

    Paling lama waktu tayangnya?

    Paling luas jangkauannya

    Paling luas penyebarannya?

    Paling banyak informasinya

    SEMUA TENTANG BANDUNG…..

    AAADA DISINI…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s