Hillary ke Indonesia?

Untung Hillary Clinton bukanlah Rihanna yang urung tampil di Jakarta karena ditonjok sama pacarnya. Gue yakin bahwa rencana Hillary Clinton, sebagai Menlu AS di era kepemimpinan Barack Obama ini, akan tetap menjadwalkan Indonesia sebagai salah satu negara yang akan dikunjungi dalam rangka kunjungan luar negeri perdananya. Lalu apa sih yang bisa dipetik dari kunjungan yang dijadwalkan 18 – 19 Februari 2009 mendatang? “Not much but important” kalo bahasa Amerikanya bilang.

Pesan khusus Obama yang membawa misi bahwa AS ingin lebih dekat dengan dunia Islam akan mulai diwarnai dengan kunjungan madam Hillary ini. Jelas disebutkan bahwa Indonesia punya potensi yang sangat besar dalam pengaruhnya terhadap negara-negara berpenduduk Islam lainnya karena Indonesia mempunyai penduduk dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Paling tidak dengan adanya lobby madam Hillary, maka Indonesia diharapkan mampu menjembatani diplomasi antara AS dan Palestina. Tapi apa untungnya ya buat AS? Kenapa tidak mereka sendiri saja yang melakukan lobby?

Nah ini dia nih yang menurut gue rada aneh, soalnya Palestina memang dekat dengan Indonesia tetapi tidak sedekat Hamas dengan Iran atau Syria. Lalu Indonesia, meskipun jumlah muslimnya terbanyak di dunia, bukanlah sebuah negara yang cenderung melakukan berbagai kebijakan bernafaskan Islam melainkan lebih kea rah sebuah negara yang sekuler dan liberal.

Ditambah lagi, sudah terlalu banyak kepentingan AS yang diakomodir oleh Indonesia. Jadi apa sih arti signifikansi kunjungan tersebut? Kalo gue bilang sih lebih kea rah simbolis saja. Istilahnya “ini loh, negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia bias bergaul akrab dengan AS”.

Menlu AS

Menlu AS

Ada yang bilang bahwa alasannya adalah karena Indonesia berhasil meningkatkan GDP dua kali lipat dan termasuk di dalam 20 GDP negara terbesar. Kalo gue bilang sih alasan ini juga kurang tepat soalnya jelas-jelas Indonesia masih belum punya blueprint perekonomian. Lalu kebijakan-kebijakan efisiensi ekonomi yang diterapkan di Indonesia kebanyakan masih bersifat short – medium term plan saja. Kemudian sensitifitas fluktuasi ekonomi Indonesia masih sangat dipengaruhi ekonomi AS, meskipun kebijakan moneter yang ada sudah baik. Perputaran modal dunia pun tidak didominasi oleh Indonesia.

Ada juga yang bilang bahwa madam Hillary akan membawa misi tentang HAM, kerjasama dagang, isu ASEAN, perubahan iklim dan isu global. Kalo gue bilang sih, agenda ini merupakan agenda klasik dimana pada era Bush, beberapa kali hal seperti ini dibicarakan. Jadi bukan merupakan isu baru.

Yang lebih konyol lagi, ada yang bilang bahwa kedatangan madam Hillary kali ini sebenarnya merupakan langkah awal kerinduan Obama akan Indonesia. Ah yang bener aja! Memang sih secara pribadi, Obama punya kenangan manis dengan Indonesia, tetapi hal tersebut gue bilang merupakan aspek romantisme historis belaka dan tidak akan beranjak menjadi sebuah program atau agenda tersendiri untuk Obama sebagai Presiden AS. Memangnya Indonesia ibarat kampung halamannya Obama. Pastilah Obama tidak bakal berpikir sebodoh itu.

Ah, kalo gue bilang sih, sepertinya misi Hillary kali ini ingin menegaskan agar Indonesia tetap menjaga aset-aset milik AS yang selama ini mengeruk sumber daya alam Indonesia, seperti Freeport, Exxon Mobile, dan lainnya. Selain itu, sepertinya AS ingin mengajak Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam agenda AS ke depan, agar sejalan.

Nah kalo yang barusan di atas ini sih gue setuju mengingat Indonesia memang lebih punya nilai strategis di mata AS sebagai peace keeper di rantau Asia Tenggara, jika dibandingkan sekutu AS yakni Australia dan Singapura, dimana kedua negara tersebut sepertinya punya banyak masalah dengan negara lain. Apalagi Australia yang ditolak mentah-mentah apabila ingin banyak andil dalam urusan rumah tangga Asia Tenggara.

2 Comments

  1. Ping balik: Hillary ke Indonesia? :: Indo Arsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s