Bahaya Gas CO

CO in blood

Ada kejadian sehari-hari yang selama ini terlewatkan di benak pikiran gue ketika melihat sekeliling daerah perkantoran di Jakarta. Dua hari lalu, hal tersebut terlintas di benak pikiran pada saat melakukan dinas ke beberapa daerah perkantoran, dan ternyata terdapat kesamaan pemandangan di setiap tempat parkir kantor yang gue kunjungi itu.

Banyak terlihat para supir tidur-tiduran di dalam mobil dengan nyenyak ditemani dinginnya AC mobil sembari menunggu si bos atau menunggu untuk diperintahkan pergi ke suatu tujuan. Padahal jika dilihat dari sisi kesehatan, perbuatan ini sangat berbahaya karena berdiam diri di dalam mobil dengan keadaan mobil tidak bergerak, dalam waktu lama, dan semua jendela dalam keadaan tertutup dapat mengundang sang malaikat pencabut nyawa untuk beraksi.

Hal tersebut bisa saja terjadi apabila terdapat pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin mobil ditambah lagi dengan bocornya knalpot sehingga gas buangan knalpot tersebut masuk ke dalam saluran AC. Penyebab kematian tersebut adalah gas karbon monoksida (CO). Gas ini, jika dihirup tubuh maka mampu membuat si korban mati lemas karena haemoglobin lebih kuat mengikat CO dibandingkan oksigen (O2) sehingga mengakibatkan si korban kekurangan oksigen secara perlahan. Dalam keadaan kekurangan oksigen, biasanya korban hanya merasa semakin mengantuk dan akhirnya tertidur dan akhirnya tewas. Kejadian ini biasanya disebut cherry red atau gejala muka memerah. Dalam berbagai kasus, jarang sekali korban dapat diselamatkan karena korban terasa seperti mengantuk yang kemudian tertidur. Istilah lainnya, mati dalam keadaan tertidur. CO pun

Sebenarnya bukan dalam hal knalpot bocor saja yang perlu diperhatikan namun banyak faktor lain di sekitar kita yang dapat menyebabkan gas CO mangancam kita. Gas yang dikenal tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menimbulkan gejala apapun ini dapat terbentuk dari alat pemanas yang menggunakan gas, kompor gas, dan sebagainya.

Untuk itu, gue menyarankan agar:

· Selalu melakukan cek rutin terhadap mesin mobil, terutama knalpot

· Pastikan asap hasil pembakaran kompor dapat keluar dengan bebas

· Selalu perhatikan alat-alat yang menggunakan gas atau alat pembakaran

· Ciptakan suasana rumah dengan sistem ventilasi yang baik

8 Comments

  1. Ternyata saya sendiri tidak menyadari bahwa kebiasaan saya menunggu di dalam mobil dengan keadaan mesin menyala ternyata dapat membahayakan jiwa saya…..Tetapi lebih membahayakan lagi kalau ada orang yang buang gas sembarangan…itu sangat mematikan…hehehe

  2. Ping balik: Permasalahan Lalu Lintas | Catetan Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s