Neko-Neko Dikeroyok

Weleh….weleh…opo meneh iki (aduuh…apalagi ini)? Kalau kita lihat tayangan film remaja sekolah di Amerika Serikat maupun Inggris, seringkali temanya seputar kehidupan genk anak SMA dan adegan bullying terhadap anak yang lemah. Nah, tidak disangka terjadi adegan ini terjadi di Indonesia, dan yang melakukannya siswi SMA lagi…katro dan wagu…pake bahasa Jawa lucu banget logatnya medhok plus prihatin juga sih.

Biasanya kalo lihat adegan itu adalah waktu gue SMA, itupun dalam rangka tawuran dan yang melakukannya para siswa (termasuk gue sih..malu deh). Tapi gak disangka yang melakukannya adalah siswi SMU I Juwana, Pati, Jawa Tengah…ga tanggung-tanggung, melakukannya di gang Cinta (kontradiksi dengan adegan kekerasannya).

Mengutip dari kapanlagi.com, terbentuknya genk Nero atau Neko-Neko Dikeroyok (artinya: macem-macem dikeroyok) adalah sejak SD. Genk Nero ini dikabari suka menganiaya siswi SMP tanpa sebab yang jelas sehingga meresahkan para siswi di daerah sekitarnya.

Kalo gue bilang nih, seharusnya guru bertanggung jawab untuk lebih banyak melakukan komunikasi terhadap siswa-siswinya agar kejadian seperti ini dapat diantisipasi. Masa sih pelajar dibiarkan saja berlagak cowboy begitu.

Gue juga kurang setuju dengan adanya budaya per-ploncoan di sekolah-sekolah maupun universitas walaupun banyak yang bilang “jika tidak dikerjain biasanya junior kurang ajar dan nggak tau sopan santun sama senior”. Tapi lihat saja kejadian ini, STPDN, kasus di beberapa PTN dan banyak lagi yang mungkin tidak dimuat di media massa.

Jika ditilik dari akar permasalahan, dosa ini sebenarnya milik siapa sih? Apakah para orangtua yang sudah terlalu sibuk memikirkan ekonomi sehinga lupa mengurus anak, atau budaya bangsa kita yang bukan lagi ‘tepo seliro’ tapi budaya hukum rimba, atau  pendidikan moral dan agama sudah semakin dilupakan? Weleh…gue sendiri bingung kalau ditanya akar permasalahannya harus dimulai dari mana.

Silahkan klik disini untuk melihat visualnya: Geng Nero

3 Comments

  1. duh… sekarang kalau berantem sama manusia ya?? (mank dulu sama apa??)

    kalau gw dulu sih berantem sama bantal… aman… empuk.. kalau ngantuk langsung tidur… hehehe

    salam kenal… main ya ke blog gw di hhtp://diazhandsome.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s