Kiat Merubah FPI

Beberapa hari ini berbagai berita di hampir seluruh saluran televisi heboh menampilkan tindak-tanduk FPI (Front Pembela Islam) yang semakin saja terlihat brutal. Sebagai sesama umat Islam sebenarnya gue malu karena FPI sangat kental membawa bendera bersimbol Islam, apalagi mereka terlihat sering mengumandangkan takbir ketika menyerang. Sepatutnya FPI, sebagai salah satu elemen organisasi Islam, tidak seharusnya berbuat demikian.

Untuk itu gue punya beberapa saran yang mudah-mudahan bisa didengar para petinggi FPI dan juga syukur-syukur Pemerintah:

  1. (sori gue dengernya dari rumor yang beredar) FPI yang pada awalnya adalah sebuah organisasi massa bentukan polisi dan tentara untuk menghadang kelompok-kelompok kiri yang saat ini memang mulai bermunculan, seharusnya dapat dikembalikan ke ‘jalan’ yang benar. Yang terjadi sekarang adalah FPI bukannya menghadang kelompok kiri tapi malah sibuk sweeping diskotik dan tempat hiburan malam lainnya.
  2. FPI harus melihat balik arti atau esensi dari perjuangan Islam itu sendiri. Yang namanya jihad fisik itu hanya dilakukan apabila sudah tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan lagi, itupun apabila kita dalam keadaan tertindas.
  3. Memerangi ketidakadilan dan berbagai ajaran sesat hanya bisa dilakukan oleh institusi berwenang di bawah otoritas Negara. Contoh, Khalifah Abu Bakar RA memerangi kelompok Islam yang sesat pada saat beliau sebagai pemimpin Negara, atas nama Negara dan bukan atas nama suatu kelompok masyarakat. Atau Negara, melalui hukum, melabelkan ‘terlarang’ pada suatu ajaran. Tetapi bukan brutal mukulin orang dan main hakim sendiri.
  4. Mohon para petinggi FPI untuk mentertibkan massanya dan memberi contoh yang baik, kemudian agar setiap permasalahan selalu mengedepankan dialog terlebih dahulu. Jangan main hajar saja!
  5. (maaf, tapi ini gue dapat sumber lisan anggota FPI yang sudah keluar dari organisasi) Kalau ingin suci jangan minta upeti donk sama pemilik tempat hiburan malam untuk istilahnya ‘uang keamanan’.
  6. Jangan selalu sesumbar dalam menjawab berbagai protes dari masyarakat karena FPI hanyalah sebagian kecil dari lebih 200juta masyarakat Indonesia.
  7. Pemerintah seharusnya bisa mendidik FPI menjadi sebuah organisasi yang lebih bermartabat dan mengedepankan cara-cara yang cerdas untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial.
  8. Kalau perlu, FPI diberi semacam penataran P4 agar tahu bagaimana bertoleransi dengan kelompok masyarakat lain.

Itu saja saran gue, semoga FPI bisa menjadi sebuah organisasi Islam yang dewas dan tidak melakukan hal-hal mudharat dan gak penting lainnya yang semakin mencoreng imej Islam.

16 Comments

  1. Boss Piko mungkin FPI gak sebrutal yang kita duga. Coba liat petikan tulisan dari blog akmal berikut ini:

    “Pandangan saya berubah total ketika membaca tulisannya di surat kabar Republika. Pada tanggal 23 Mei 2008, Shamsir Ali, seorang pentolan dari Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI), menulis sebuah pembelaan berjudul Ahmadiyah Menjawab. Artikel yang nilai keilmiahannya sangat rendah ini kemudian ditanggapi oleh Dr. Syamsuddin Arif tiga hari kemudian dengan artikelnya yang berjudul Solusi Masalah Ahmadiyah, dilanjutkan dengan artikel Habib Rizieq pada tanggal 29 Mei yang diberi judul Lima Perkara Tolak Ahmadiyah. Dr. Syamsuddin Arif adalah cendekiawan muda yang baru saja lulus kuliah dari ‘sarang orientalis’ di Jerman, namun telah menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap Islam. Yang mengherankan justru artikel Habib Rizieq yang ternyata nilai keilmiahannya sangat tinggi dan bisa menandingi artikel Dr. Syamsuddin Arif.

    Selidik punya selidik, ternyata Habib Rizieq tidak hanya punya nama dalam dakwah praktisnya di FPI, melainkan juga dikenal luas di kalangan akademis. Beliau pun rupanya cukup dikenal sebagai cendekiawan Muslim yang keilmuannya diakui. Pada saat itulah saya insyaf akan subjektifitas saya yang telah dibangun oleh dua hal tadi. Astaghfirullaah…

    Tulisan selengkapnya bisa liat disini:
    http://akmal.multiply.com/journal/item/674/Seputar_Kasus_Monas
    http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=335555&kat_id=16&kat_id1=&kat_id2=

  2. Bung Nae, terima kasih atas informasinya, mungkin saya terlalu men-generalisir tindakan-tindakan FPI dimana sebetulnya yang melakukan aksi anarkis bisa saja oknum FPI atau ada oknum pendompleng.

    Di tengah berbagai kericuhan nasional yang terjadi…mulai dari kenaikan harga BBM, isu Blue Energy hingga Ahmadiyya membuat emosi masyarakat (termasuk saya sendiri) semakin meningkat.

  3. Maaf saya cuma bisa berpikir sederhana.

    Pada kejadian di Monas, AKKBB sedang melakukan aksi damai pada saat tiba2 anggota FPI datang dan langsung melakukan kekerasan kepada AKKBB yang TIDAK melakukan perlawanan

    APAPUN alasan masing2, kekerasan seperti ini tidak akan pernah dibenarkan, karena masih berada di wilayah hukum INDONESIA.

    Menurut saya ini salah satu bentuk disintegrasi bangsa, perbedaan pendapat dalam bermasyarakat & bernegara pasti terjadi tp yg lebih penting adalah indahnya niat utk menyelesaikan konflik dengan niat kebersamaan dengan payung INDONESIA

    Teuku Muhardiansyah

  4. AAAHHHKKK…KALIAN CUMA BISA NGOCEH..GA PERNAH BISA BELAJAR AGAMA YG BENAR…MUSLIM YG BENAR AKAN SELALU DI BENCI OLEH KAUM KUFFAR,SEBALIKNYA MUSLIM YG TDK BENAR AKAN SELALU MENDAPAT SIMPATI DAN BANTUAN DR KAUM KUFFAR & MUNAFIKUN……FPI itu ideologinya jelas, Iqomatuddin. Nah kalo AKKBB apa ideologinya?..HAM,Liberal,Pancasila??..Semua KUFFFUR..

  5. DUH INDONESIA SUNGGUH UDAH BENAR-BENAR YA..PEMERINTAHNYA SELALU JAUH APA YANG DIHARAPKAN. JIKALAU PEMERINTAH MEMANG ORANG ISLAM. SESUNGGUHNYA MEREKA LEBIH TAHU. BAHWA SESUNGGUH NYA APABILA ORANG TERSEBUT TELAH MENYIMPANG DARI AGAMA, SEBAIKNYA DIMULAI DENGAN TEGURAN. JIKALAU TIDAK ADA PERUBAHAN MAKA KAMI “BERHAK….!!!” UNTUK MELAKUKAN DENGAN TINDAKAN.

    KENAPA FPI MELAKUKAN SEMUA DENGAN KEKERASAN.?
    JAWAB:
    KARENA KAMI SELAKU FPI, MENYADARI BAHWA SESUNGGUHNYA ORANG FPI ITU ADALAH SEBAGAI MASYARAKAT YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS APA YA NG TELAH TERJADI DIATAS BUMI INI. KARENA MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI UMAT ISLAM. DAN KAMI MENYADARI BAHWA TIDAK ADA RASUL SELAIN MUHAMMAD. DAN NABI MUHAMMAD ADALAH RASUL ALLAH YANG TERAKHIR. SAYA SEBAGAI ANAK YANG TAK TAHU APA-APA TELAH DIAJARKAN SEJAK SD.

    DAN PEMERINTAH, JANGANLAH ENGKAU MENGHANCURKAN AGAMAMU SENDIRI(JIKALAU ANDA ISLAM). SESUNGGUHNYA ENGKAU TAK TAHU BAHWA SIKSANYA ALLAH SANGAT LAH PEDIH. DAN TEMPATMU KELAK “NERAKA JAHANNAM”.

    SESUNGGUHYA KITA INGIN MELIHAT NEGARA INI SALING DAMAI. AGAMA YANG LAIN SESUNGGUHNYA SANGATLAH DAMAI. TANPA ADA YANG MENGGANGGU. DAN DALAM ISLAM INI, TIMBUL ISLAM YANG BARU. DAN SESUNGGUHNYA KAMI MERASA TERUSIK DAN AMAT TERGANGGU. MAKA KAMI WAJIB MEMERANGI SEMUA INI DENGAN JIHAD DI JALAN ALLAH. DAN HALAL DARAHNYA BAGI KITA UNTUK MEMBUNUHNYA(SUDAH TERTERA DALAM ALQUR’AN.

    ALLAHU AKBAR..ALLAHU AKBAR..ALLAHU AKBAR…

    HAMBA ALLAH YANG MENCINTAI ISLAM

  6. HIDUP FPI BASMI SEMUA PIMPINAN & ANGGOTA AHMADIYAH YANG MURKA ITU,KAMI SANTRI DARI KH.NUR MUHAMAD ISKANSAR SQ SIAP TEMPUR MELAWAN AHMADIYAH KEPARAT ITU DEMI MEMBELA ISLAM YANG KITA CINTAI,ALLAHUAKBAR BERJUANG HB.RIZIQ SYIHAB KITA BASMI AHMADIYAH BAJINGAN ITU.

  7. FPI adalah sebuah organisasi yang orang-orangnya tidak bijaksana semua. Kita hidup dalam pemerintahan, bukan hidup dalam jaman semau gue. Kita sebagai penduduk yang beragama juga harus taat dan patuh kepada peraturan negara. Karena jika kita tidak bisa mematuhi peraturan negara bagaimana kita bisa mematuhi perintah Sang Pencipta Langit dan Bumi. Pemerintahan kita memang sudah bobrok, tapi apakah sudah benar tindakan kita?? Apakah membuat negara tambah hancur atau lebih baik?? Pikirkan itu baik..
    Bro, agama yang benar mengajarkan toleransi yang tinggi dan meminta pengamalan juga bukan cuma teori belaka.

  8. MUNGKIN KOMENTAR ANDA BENAR TAPI ITU SEBATAS PIKIRAN ANDA!!!!!! MASIH BANYAK DIANTARA KITA YANG TERLALU PINTAR BICARA BAHKAN SAMPAI PINTAR MEMFITNAH, PERCAYA BISIK-BISIK ,,,,SAMPAI KAPAN BANGSA INI BISA DEWASA KALAU WARGANYA EMOSIONAL DAN TIDAK OBJEKTIF … FPI SEPANJANG YAKIN PERJUANGANNYA MURNI ISLAM JLN TERUS …. TANPA ANDA PEMERINTAH MELEMPEM…. JIKA MURNI DEMI ISLAM PRIBADI SAYA DAN YAKIN BANYAK YANG LAIN MENDUKUNG ANDA …HAPUS KESAN BRUTAL TUNJUKKAN ISLAM SEJATI YANG PUNYA JATI DIRI DAN BERMARTABAT!!!!!!!!!!!!!

  9. Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian”, pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.
    QS. al-Baqarah (2) : 8

    Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, pada hal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.
    QS. al-Baqarah (2) : 9

    Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.
    QS. al-Baqarah (2) : 10

    Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.”
    QS. al-Baqarah (2) : 11

    Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.
    QS. al-Baqarah (2) : 12

    Apabila dikatakan kepada mereka: “Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman. Mereka menjawab: “Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman? “Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu.
    QS. al-Baqarah (2) : 13

    Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: ” Kami telah beriman “. Dan bila mereka kembali kepada syaithan-syaithan mereka, mereka mengatakan: ” Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok “.
    QS. al-Baqarah (2) : 14
    Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian”, pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.
    QS. al-Baqarah (2) : 8

    Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, pada hal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.
    QS. al-Baqarah (2) : 9

    Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.
    QS. al-Baqarah (2) : 10

    Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.”
    QS. al-Baqarah (2) : 11

    Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.
    QS. al-Baqarah (2) : 12

    Apabila dikatakan kepada mereka: “Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman. Mereka menjawab: “Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman? “Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu.
    QS. al-Baqarah (2) : 13

    Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: ” Kami telah beriman “. Dan bila mereka kembali kepada syaithan-syaithan mereka, mereka mengatakan: ” Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok “.
    QS. al-Baqarah (2) : 14

    Allah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terumbang-ambing dalam kesesatan mereka.
    QS. al-Baqarah (2) : 15

    Mereka itulah orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaannya dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
    QS. al-Baqarah (2) : 16
    Allah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terumbang-ambing dalam kesesatan mereka.
    QS. al-Baqarah (2) : 15

    Mereka itulah orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaannya dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
    QS. al-Baqarah (2) : 16

  10. membuat onar melakukan kerusakan dan lengkingan teriakan2 emosioal yang menjijikan, ucapan berkedok kebaikan….jangan kotori asma Allah dengan emosi bejat kita semua…..hal seperti ini apakah akan datang dari orang2 beriman??????? pikir donk….anak kecil ja pasti tahu mana yang jahat dan mana yg baik…..sepintar2nya api berkedok kebaikan akhirnya akan melalap jubah2nya juga…..

  11. ahli FPI berfikiran sempit tidak berilmu tidak tahu menelaah Al Quraan.. FPI seperti aliran PENGGANAS…. Serahkan sahaja kpda tuhan itu adalah hak dia untok menghukum siapa yang salah ..tapi tak perlu FPI yang menyibuk jgn syok jadi hakim sendiri ..INSAF lah wahai FPI… INSAF lah wahai FPI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s