3 Kingdom

Malaysia nih, kalau era sekarang kehidupan politiknya bisa dibilang 3 Kingdom! Kenapa? Karena menurut gue ada 3 kutub kepemimpinan, yakni Mahathir, Anwar Ibrahim, dan Pak Lah (Abdullah Badawi).

Gaya kepemimpinannya pun, jika diasosiasikan dengan para pemimpin kita kurang lebih seperti ini:

1. Mahathir. Gaya kepemimpinannya adalah menggabungkan gaya kepimimpinan Soekarno dan Soeharto. Soekarno dengan semangat nasionalismenya dan Soeharto dengan semangat pembangunan negara.

2. Anwar Ibrahim. Gaya kepemimpinan serupa dengan Megawati pada tahun 1997an, yakni pemimpin golongan tertindas yang tidak pro Pemerintah.

Selain itu, gerakan politik Anwar sangat dipengaruhi gaya politik ala HMI era 60an. Hal ini ditandai dengan gerilya-gerilya politik yang bersifat aksi demo massa menentang kesewenangan Kerajaan, penggunaan media massa sebagai ladang kampanye secara efisien, dan lebih mengandalkan gerakan pemuda/mahasiswa dalam menentang kebijakan Kerajaan yang dinilai salah.

3. Pak Lah. Tidak melirik gaya kepemimpinan siapapun di Indonesia, namun gaya Pak Lah dapat dikatakan gabungan antara GusDur dan SBY.

Seperti GusDur karena pada saat Barisan Nasional (BN) mengalami kemunduran di dalam Pilihan Raya 2008, dimana perolehan dukungan tidak mencapai 2/3, maka seharusnya Badawi mundur dari jabatan karena dianggap sebagai tidak becus memimpin BN. Namun desakan-desakan mundur tersebut justru ditantang oleh Badawi.

Mirip SBY, karena Badawi adalah tipe pemimpin yang tidak berani tegas dalam mengambil banyak keputusan. Padahal jika dilakukan dengan tegas, akan banyak hal yang dapat terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s