Tren Psikotropika Baru

Mengutip ulasan KOMPAS Cetak Sabtu lalu membuat saya, yang mudah-mudahan beberapa bulan lagi dikaruniai anak, semakin bergidik memikirkan masa depan generasi sesudah kita-kita ini. Bagaimana tidak, bukannya semakin berkurang jenis narkotika dan obat terlarang lainnya, tetapi semakin bertambah saja jenisnya. Salah satunya, dan mulai banyak digandrungi masyarakat pecinta narkoba adalah zat ketamine atau dikenal dengan Serbuk Surga.

Ketamine serbuk Zat ini sebenarnya merupakan obat yang sering dipakai sebagai zat anesthetic di bidang kedokteran dan kedokteran hewan. Ketamine merupakan sejenis zat kimia serupa phencyclidine dan tiletamine yang mampu membuat pengguna merasakan halusinasi, kehilangan kontrol keseimbangan, hingga kecenderungan agresif dan berlaku kekerasan. Bagi para ‘penyalahguna’, yang kebanyakan adalah pecinta dunia gemerlap (dugem), zat ini mulai digemari karena mempunyai efek seperti halnya ekstasi. Cara penyalahgunaannya pun bermacam-macam, dari mulai dihisap melalui hidung, dicampur dengan tembakau, hingga disuntik langsung secara intravaskular.

Sangat dikhawatirkan suatu saat zat kimia berbahaya ini tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan seputar dugem saja namun menyebar ke masyarakat luas seperti halnya putau, ekstasi, dan banyak obat terlarang lainnya yang dikonsumsi oleh segolongan masyarakat secara illegal, tanpa mereka harus ke tempat-tempat dugem.

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s