Nikmatnya Menjadi Umat Ahmadiyya?

Pecahnya perseteruan umat Islam akibat berbagai pertentangan apakah Ahmadiyya harus dianggap sebagai agama sesat atau dibiarkan saja dengan alasan kebebasan beragama semakin ramai dibicarakan masyarakat akhir-akhir ini.

Namun terlepas dari perdebatan itu, apakah kita benar-benar tahu apa itu ajaran Ahmadiyya. Gue sempet nih browsing sana-sini dan baca ini-itu, hasilnya kira-kira begini perbedaannya:

Isu Keimanan

Islam

Ahmadiyya

Komentar Gue

Mirza Ghulam Ahmad (Ahmadi)

Diyakini bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah salah satu nabi palsu pada akhir zaman, dimana Rasulullah SAW telah peringati sebelumnya

Sebagai nabi terakhir, imam Mahdi dan Yesus.

Jelas-jelas Rasulullah sudah membuat statement bahwa beliau adalah nabi terakhir, itupun didapat dari wahyu dan bukan karangan sendiri.

Bagi gue, gak penting banget ngebahas imam Mahdi dan turunnaya Nabi Isa AS. Ajaran Rasulullah aja belum semuanya habis gue baca.

Siapa yang disebut Muslim

Siapapun yang mengucapkan, memahami, mengimani dan meyakini Islam melalui dua kalimat syahadat

Siapapun yang mengucapkan dua kalimat syahadat + mengakui kenabian Ahmadi. Bagi yang tidak meyakini kenabiannya maka dianggap sesat

Namanya panjang dan susah dihapal karena gue sering ketuker ngucapinnya, mending 2 kalimat syahadat aja udah cukup dan simple.

Pandangan Agama

Islam mengakui penganut Nasrani dan Yahudi adalah para ahli kitab dan termasuk agama Samawi

Ahmadiyya menganggap bahwa umat Islam dan Nasrani adalah umat yang sesat dan harus diluruskan

Yang sesat tuh sebenarnya siapa sih? Makanya kapan-kapan saling dialog deh biar ga tuding-tudingan.

Kitab dan tuntunan

Kitabnya hanya satu, yakni Al-Qur’an yang tidak akan berubah dan diubah sampai kiamat. Panduan keduanya adalah haditz yang sahih.

Kitabnya adalah Tadzkirah, yakni versi Al-Qur’an yang dipotong, diputarbalikkan dan ditambahkan oleh Ahmadi.

Kalo gitu tukang dagang buku di Pasar Senen bisa jadi nabi donk. Khan kerjaan mereka juga membajak buku.

Mahasiswa juga bisa jadi nabi donk, khan banyak tuh yang melakukan plagiarisme ketika skripsi.

Haji

Salah satu rukun Islam adalah pergi haji ke kota suci Mekkah dan Madinah, Saudi Arabia. Hukumnya adalah wajib bagi yang mampu.

Para Ahmadi wajib pergi haji ke Rabwah dan Qadiyan, India. Sedangkan haji ke Mekkah tidak dianjurkan.

Wah ongkos naik haji jadi lebih murah nih soalnya gak perlu jauh-jauh ke India. Apalagi di India bisa sekalian ketemu ama Prety Zinta…hehehe

Zakat

Hukum zakat adalah wajib sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur.

Zakat tidak wajib karena tiap bulan para Ahmadi sudah wajib setor ke organisasi Ahmadiyya.

Waduh…zakat itu buat kaum dhuafa. Kalo para Ahmadi nyetor pastinya untuk kepentingan organisasi.

Kalo ngikutin Ahmadi, istri gue gak perlu bayar zakat donk khan tiap bulan udah bayar arisan.

Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW adalah nabi penutup dan tidak ada nabi lain selain Rasulullah SAW

Mirza adalah nabi baru, yakni nabi reformis yang menuntun umat manusia di dalam kekosongan selama ini setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW

OK deh bo…ini nih baru cool, nabi aja ada yang reformis.

Tapi gue gak merasa kosong tuh, dari Al-Qur’an dan riwayat Haditz aja udah cukup bisa menuntun hidup gue.

Ibadah Sholat

Siapapun yang mengucap dua kalimat syahadat berhak menjadi imam sesuai ketentuan yang berlaku di dalam Islam

Para Ahmadi diharamkan untuk menjadi makmum bagi Imam yang bukan golongan mereka

Ribet nih, masa harus nanya dulu kalo mau sholat “Eh, elo Ahmadiyya atau bukan”.

Pemahaman Islam

Rasulullah SAW adalah panutan tunggal bagi umat Islam.

Mengikuti ajaran Rasulullah adalah tidak wajib bahkan kadang dianggap bertentangan dengan ajaran Ahmadi.

Selama ini gue mengikuti ajaran Rasulullah SAW fine-fine aja tuh, kenapa harus ribet ngikutin Ahmadi

Belajar agama

Sebagai umat Islam, maka wajib hukumnya untuk mengikuti ajaran Al-Qur’an secara kaffah (menyeluruh), dan ikut panduan Haditz

Ahmadiyya hanya perlu mempelajari 3 hal pokok: tentang hidup-matinya Yesus, masalah kenabian Mirza Ghulam Ahmad, dan masalah Imam Mahdi.

Waaah…simple banget yaa belajarnya. Tapi daripada belajar agama dipermudah kenapa gak sekalian aja jadi atheis, khan gak perlu repot belajar ini-itu.

Nabi Isa AS (Yesus)

Nabi Isa AS tidak wafat karena disalib namun langsung diangkat ke Arash Allah SWT

Nabi Isa AS tidak wafat disalib namun selamat dan pergi ke India, tepatnya Kashmir

Gue baru tahu nih Yesus pake bindi, makan kari dan bilang “aca..aca..nehi..nehi” (maafkan daku wahai Rasul, ini hanya sindiran)

Turunnya Nabi Isa AS (pada hari akhir)

Percaya bahwa pada hari akhir Nabi Isa AS akan turun ke dunia secara fisik untuk meluruskan seluruh khilafiah dan kesesatan

Percaya bahwa kembalinya Nabi Isa AS ke dunia adalah bukan secara fisik namun secara alegorikal. Ahmadi-lah yang dianggap sebagai titisan Yesus

Jika Allah SWT berkehendak Nabi Isa AS diangkat beserta fisik beliau, kenapa harus dipertanyakan sih???

Konsep Jihad

Jihad fisik hanya dilakukan jika tidak ada opsi lain. Berjuang demi kemerdekaan bangsa adalah salah satu jihad fisik yang mulia. Arti jihad sangat luas, jika kita belajar karena Allah SWT maka itupun disebut jihad

Ahmadiyya tidak mengenal jihad fisik. Opresi fisik dari orang lain harus dibalas dengan cinta, atau ini yang disebut Jihaad-e-Akbar (menurut Khalifah Ahmadiyya)

Perang melawan penjajah adalah salah satu bentuk jihad…masa gue harus mencintai penjajah. Ntar mereka malah betah gak mau pergi

Ternyata menurut gue,. menjadi umat Ahmadi itu ribet plus tidak nyaman. Memang sih ada beberapa hal yang dipermudah, tapi bagi gue justru dikemudian harinya kita sendiri yang jadi kesulitan karena sudah Islam menyediakan segala penjelasan bukan untuk mempersulit manusia melainkan mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia.

Lagian kalo ajaran Ahmadi itu merupakan ajaran Islam, kenapa banyak hal yang dirubah kok malah hal-hal yang tidak esensial. Malah gue bisa katakan, kebanyakan kaum Ahmadi itu membahas hal yang bersifat imajinatif. Daripada gue mikirin kapan nabi Isa AS turun dan siapa sebenarnya Imam Mahdi, lebih baik gue mikirin bagaimana kehidupan gue sehari-hari bisa berjalan dengan baik dan tidak mengganggu hak orang lain dalam menjalankan kehidupan. Jika Allah SWT berkehendak pastilah secara hati nurani kita tahu bila saatnya hari akhir akan tiba.

About these ads

126 Comments

  1. setuju mas pik. Kalo ga salah, ahmadiyah ini udah dilarang di arab dan pakistan sana. Cuma di Indonesia aja bisa berbiak dengan subur. Kebebasan beragama emang hak setiap penduduk Indonesia, tapi bukan berarti hak satu orang mengeliminasi hak orang lain kan. Ahmadiyah, ganti aja nama agamanya. Jangan pake kata “Islam”, beres tohh..

    btw, jd inget nama suami sendiri. Nabi palsu hihihi….

  2. sebenarnya Ahamdiyya itu bukan ajaran sesat melainkan ajaran yang salah (mengutip omongan Gus Dur). Yang dinamakan sesat itu biasanya agama yang ujung-ujungnya menyuruh pengikutnya untuk bunuh diri massal atau membunuh orang lain.

    Mari sama-sama kita sadarkan para Ahmadi supaya kembali ke jalan yang benar. Amin

  3. Waah analisis yang hebat mas!! Nemu dimana tuh? Atau mungkin hasil riset sendiri yach.. ? :) Cuman kalau menurut saya kurang objektif mas. Terlalu banyak prejudise. Coba deh teliti lagi lebih dalam. Bukankah sebagai umat islam kita dilarang banyak berprasangka?? karena prasangka itu dosa (QS 49:12).. Bahkan jikalau yang membawa kabar itu orang fasik sekalipun tetap harus diperiksa dengan diteliti, jangan langsung ditolak! (QS 49:6).
    Sorry, just for share..

    • setuju gan.. artikel ini banyak prasangka nya (kalo ga boleh dibilang seluruhnya).
      saya sudah baca2 tentang ahmadiyah dari wiki dan sumber2 netral yang lain, juga dari ahmadiyahnya sendiri dan ternyata pengertian mereka akan isu2 kontroversi ini berbeda jauh dengan yang diyakini banyak orang.
      hanya beda penafsiran saja dan ga menyinggung akidah secara garis besar.
      kebanyakan hanya salah paham saja karena telanjur panas sebelum memahami sesuatu..

  4. Gue pernah ketemu sama temen gue pengikut Ahmadiyah disebuah Masjid, seusai sholat Tarawih berjamaah. Trus gue langsung nangis dan gemeteran, lari2 pulang ke kos. Gue pikir gue sholat di Masjid Ahmadiyah, ternyata pas gue tanya ke temen2 gue, itu bukan Masjid Ahmadiyah kok. Jadi gue langsung lega. Trus gue jadi mikir, wah, temen gue itu berarti pengikut Ahmadiyah yang ga taat ya, hehehe… Mungkin dia ribet juga kali mo tarawih/sholat jamaah kudu ke Masjid Ahmadiyah dulu…, kalo kita kan enak, alhamdulillah Masjid ada dimana2, jadi ibadah kita tidak terhalang…

    • Kaum Ahmadiyah bisa dan boleh sholat di masjid manapun di muka bumi ini. Karena masjid itu adalah Rumah Allah, yang tidak boleh adalah bermakmum pada orang yang mengkafirkan mereka. Adapun orang yang tidak mengkafirkan maka boleh saja sholat berjamaah bersama. tentu akan terasa lebih nikmat dan damai berjamaah bersama orang-orang yang saling menghormati, dan saling mencintai dibanding yang saling membenci. ini hal yang biasa.tks

  5. Memang sebetulnya Ahmadiyya itu terpecah 2, yang satu pengikut Lahore Ahmadi Community dan Ahmadiyya Islamic Community.

    Kalo Lahore ini semua praktek keagamaannya sama seperti Islam, hanya saja mereka percaya bahwa Mirza Ghulam Ahmad ini sebagai Imam Mahdi dan mereka tidak mengakui Mirza Ghulam sebagai nabi baru.

    Sedangkan Ahamdiyya Islamic Community adalah mereka dengan ciri yang gue jelasin di atas.

    • klo memang mirza itu imam mahdi, kenapa skarang sudah mati, padahal dadjal belum muncul dan Nabi Isa AS pun belum diturunkan kembali oleh Alloh SWT….di Al-Qur’an pun disebutkan bahwa ketika Nabi Muhammad SAW wafat maka telah sempurna Agama ini (artinya telah terputus Wahyu dari langit), lalu kenapa di dalam tazkirah mirza mengaku menerima wahyu…dan banyak lagi keanehan yang saya baca ada dlm tazkirah

  6. Banyak orang yang mengatakan bahwa ahmadiyyah itu hanya masalah kebebasan beragama. Kalau menurut aku, yang namanya kebebasan beragama itu jika ahmadiyyah tidak menggangap bahwa diri mereka Islam. Lalu mereka membuat ajaran agama mereka sendiri dengan cara mereka sendiri dan dengan nama agama mereka sendiri. Jangan pakai ada acara shalat, puasa, zakat, haji, dll, yang semuanya hanya ada di dalam hukum Islam. Karena semua itu hanya ada dalam ajaran Islam. Silahkan mereka membuat ajaran agama mereka sendiri dan jangan bawa2 ajaran agama Islam. Itu namanya kebebasan beragama. Jangan merusak ajaran yang sudah ada dalam agama Islam. Itu namanya penodaan agama. jelas saja para umat muslim pada gempar dan marah karena ahmadiyyah itu sudah merusak ajaran agama Islam. Kalau dia mau buat ajaran agama dan agama yang baru, silahkan, tapi jangan pernah bawa2 Islam sebagai landasannya. Itu namanya kebebesan beragama.

  7. saya rasa mas / mbak yg nulis statement diatas itu belum pernah tahu mengenai AHMADIYAH, karena semua statment itu adalah isu yg sudah mengakar ke semua orang. klo mau tahu tentang AHMADIYAH, kunjungi situs AHMADIYAH DI alislam.org atau ahmadiyya dari google.tapi klo mo lebih tahu lagi datangi kaumnya. jadi kita mesti waspada jangan asal bicara. mulutmu harimaumu. sepertinya segelintir kaum islam yg tidak suka dengan ahmadiyah adalah karena iri hati karena organisasi islam mereka tidak banyak pengikutnya. sedangkan AHMADIYAH tersebar di seluruh dunia dan bisa menyebarkan islam secara modern dan intelektual lewat MTA Moeslem Television Ahmadiyah 24 jam, 7hari seminggu, 365 hari tanpa iklan dan atas biaya dari anggota AHMADIYAH SELURUH DUNIA.buka situsnya di alislam.org.
    apakah ada organisasi islam yg punya seperti ini??
    apakah kita bisa menyampaikan islam kepada orang lain setiap hari??
    dan saya dapat katakan Statment diatas adalah hanya KARANGAN BEBAS YG TIDAK BERDASAR.
    MAS / MBAK sepertinya belum pernah BROWSING ke situs AHMADIYAH.
    klo mo kenalan silahkan…

    • Bravo..anda counter dg statement. memang perlu hak jawab dan klarifikasi.
      sya setuju dg pernyataan anda.
      saya kagum dg the champion of Islam: ahmadiyah.
      dari kasihan berubah menjadi rasa kagum.
      bbrapa hal di dunia ini sy perhatikan ternyata justru malah mendukung pernyataan2 ahmadi, soal jihad fisik yang jika diberlakukan akan melanggar HAM dsb.
      Mnurut sy ahmadi yang akan sanggup menandingi kecongkakan Barat di samping kelompok Syiah. Sebab syiah jg kompak, solid dan rapih sbgmana ahmadi.
      Ahmadi dan syiah adalah hal yang tak pernah usang dan selalu menarik untuk dikaji.
      Lihat artikel sya lebih jauh di santun institue.org. Salam

    • Bravo..anda counter dg statement. memang perlu hak jawab dan klarifikasi.
      sya setuju dg pernyataan anda.
      saya kagum dg the champion of Islam: ahmadiyah.
      dari kasihan berubah menjadi rasa kagum.
      bbrapa hal di dunia ini sy perhatikan ternyata justru malah mendukung pernyataan2 ahmadi, soal jihad fisik yang jika diberlakukan akan melanggar HAM dsb.
      Mnurut sy ahmadi yang akan sanggup menandingi kecongkakan Barat. Kelompok Islam lain agaknya adalah kelompok Syiah. Sebab syiah jg kompak, solid dan rapih sbgmana ahmadi.
      Ahmadi dan syiah adalah hal yang tak pernah usang dan selalu menarik untuk dikaji. Mrk memiliki kemandirian.
      Lihat artikel sya lebih jauh di santun institue.org. Salam

    • Jika saja ada dalil yang membolehkan manusia membuat agama, tentu kaum ahmadiyah akan senang, saya rasa mereka juga lelah hidup dalam rasa takut dan teror selalu. Tapi hanya Tuhanlah yang berhak mendirikan, membuat, menetapkan sebuah agama. Lebih jauh lagi yang mereka sembah itu Allah Subhanahu wa Ta’ala, beriman kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul Allah, mendirikan shalat seperti perintah Allah, shaum atas perintah Allah, dan berhaji ke Makkah Al Mukarramah (ini dibuktikan adanya larangan pemerintah arab saudi. Kalau kaum ahmadiyah naik haji ke london, qadian, lahore, parung, cianjur, atau tempat lain manapun selain Makkah, buat apa dilarang lha wong naik hajinya bukan ke situ..), adakah Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki agama lain selain Islam ?

  8. saya sudah browsing…metode dakwah seperti apapun sah-sah saja bagi saya. Yang dipermasalahkan bukanlah metode yang moderen atau keorganisasian yang solid, yang dipermasalahkan adalah masalah akidah!

  9. Ahmadiya adalah agama yang didirikan untuk mendapatkan keuntungan Politik melalui Nabi yang dikatakan palsu itu.disokong oleh Pemerintahan tertentu.intinya menghilangkan semangat jihad dari orang muslim..karna dalam ajaran ahmadiyya mengharamkan Jihad.

  10. anak buah gus dur saja marah klo pimpinan mereka diganti/dilengserkan dari jabatannya di PKB apalgi umat islam yang nabinya diganti ma si mirzam sang pencinta sejati muhhammadi beghum..mana ada nabi yang buat wahyu buat nguntungin diri sendiri kayak gitu..

  11. Cuma mau bilang, bahwa yang kamu baca sana sini itu adalah kebohongan. Coba kamu belajar baca yang baik baru kamu akan mengerti apa yang kamu baca. Gini Loh. sejak lahir ampek sekarang aku sendiri ndak pernah ngeliat Tazkirah sebagai Kitab suci Ahmadiyya. Kau uda ngliat emangnya Tazkira itu, uda kamu baca, uda kamu pahami? sehingga dengan segala keilmuanmu bahwa tazkirah itu sesuatu yang salah. Jawabku PASTI BELUM. Iya Kan. Gini aja orang kalo uda benci, atau ndak suka, senyuman aja terliat jadi mengejek. jadi apa yang kau browshing atu baca-sana sini itu adalah pemahaman dari orang yang benci atau ndak suka dengan Ahmadiyya. Kalo mau membuka forum yang objektif tolong Sumbernya juga yang Objektif Dong.
    Aku kasih sedikit pemikiran ” Harus Ko Pikirkan YA” :
    Saat ini jika kita melihat manusia yang menolak, membenci, mencaci, dan bahkan yang mendustakan Rasulullah SAW akan kedatangannya maka apa yang terpikir kita? Alangkah Bodohnya orang2 tersebut.
    Karena saat ini walaupun kita tidak pernah berjumpa pada Rasulullah SAW tapi kita sangat yakin atas kebenarannya, IYA NGGAK?
    Sebaliknya ketika saat ini manusia2 yang membenci, menghina, mendustai Ahmadiyya, kita akan buktikan kedepan. Pasti orang akan berpikir betapa bodohnya orang yang mendustakan Ahmadiyya saat ini.
    Allah SWT telah menjanjikan bahwa Islam akan menang tak seorangpun yang mengalahkannya. Allah dengan sifatnya kebesarannya dan segala MAHANYA, kalaulah memang Ahmadiyya menodai Islam kenapa DIA tidak berbuat.
    FPI yang menghujat Ahmadiyya toh pemimpinnya yang jebol dipenjara.
    Kejaksaan yang melegalkan Ahmadiyya untuk dibubarkan dengan BAKORPAKEMNYA tappi toh sekarang Kejaksaan yang di obrak abrik KPK atas boroknya dalam kasus Artalita.
    Sungguh hal yang sangat aneh?
    Kenapa dengan segala fitnah dan kebohongan informasi untuk dapat memusnahkan minoritas Ahmadiyya kok sangat susah? Jawabannya sangat Mudah, KARENA AHMADIYYA LAH YANG SEBENARNYA ISLAM.
    Saat ini pada dasarnya seluruh umat islam adalah sedang mencari Ajaran Islam yang Hakiki, Siah dengan pahamnya tentang islam, begitu juga suni. Nah kalo kita mengkaji islam dengan segala perbedaan tersebut maka tak satu pahampun yang membenarkan bahwa paham yang lain adalah Islam. yang pada akhirnya berakhir dengan kekerasan dan peperangan. dimana hal tersebut sangat bertentangan dengan Islam itu sendiri.
    Baca.. Pahami… Resapi… dan gali sedalamnya apa itu AHMADIYYA dengan pahamnya membawa penegakan Islam. Aku yakin pasti kamu tidak ada keraguan lag untuk jujur bahwa yang kamu ketahui tentang Ahmadiyya saat ini adalah salah karena bukan dari sumbernya.
    SAYA TANTANG KAMU AKAN KEBENARAN INI UNTUK YANG AKAN DATANG APAKAH DENGAN SEGALA RINTANGAN DAN PERLAWANAN UNTUK MEMATIKAN SIAR AHMADIYYA AKAN TERWUJUD. Orang Ahmadiyya dapat di matikan tapi tidak dengan pahamnya. coba kamu teliti Ahmdiyya di seluruh dunia terus mengalami peningkatan dan terus berkembang. PASTIKAN!!!!

    • Kritik sedikit, akh. Jangan terlalu mudah mengatakan islam kita yang paling benar, karena kebenaran yang mutlak itu hanya milik Allah. Statement seperti ini yang justru membuat islam terpecah dan terkotak2. Sebaiknya tentang definisi islam kita merujuk hadits Rasulullah saw : ‘Agama Islam dibangun di atas lima perkara; bersyahadat bahwasanya tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allah dan Nabi Muhammad itu utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, shaum di bulan Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah.”
      (HR. Al-Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16, dari shahabat Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma), dalam hadis lain diterangkan : Ketika kami sedang duduk di sisi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba muncul ke arah kami seorang laki-laki, sangat putih pakaiannya, hitam pekat rambutnya, tidak tampak pada tubuhnya tanda-tanda sehabis dari bepergian jauh dan tiada seorangpun di antara kami yang mengenalnya. Lalu orang itu duduk di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dengan menyandarkan kedua lututnya pada kedua lutut beliau serta meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha beliau, dan berkata : ‘Ya Muhammad, beritahulah aku tentang Islam’, maka beliau menjawab : ‘Yaitu : bersyahadat bahwa tiada sesembahan yang haq selain Allah serta Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, melakukan shiyam pada bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Baitullah jika kamu mampu untuk mengadakan perjalanan ke sana’. (dikutip dari shahih bukhari, kitab al iman, bab 37, hadis ke 1, dari abu hurairah.ra.). Nah menurut saya siapapun yang telah memenuhi kriteria ini, siapapun dia, baik ahmadiyah ataupu non ahmadiah, baik sunni ataupun syiah, hitam, putih, belo, sipit, mancung, pesek, arab, bukan arab….MEREKA ADALAH MUSLIM ! selanjutnya siapa muslim yang hakiki dipandangan Allah ? Hanya ALLAH yang berhak menilai, bukan kita…..tks.

  12. Kalo menurut gue, sebelum membaca Tazkirah sebaiknya pahami dahulu Al-Qur’an. Kalo sudah paham gue jamin abang ini tidak akan melirik Tazkirah itu…walaupun sudah membacanya.

    Di dunia ini, yang menyesatkan justru yang mudah berkembang…contoh mabuk enak khan? Judi asyik khan? Sex bebas cihui khan?

    Islam melarang semua itu…tetap saja Islam berkembang dan bukannya dijauhi.

  13. Mas, thanks sharingnya ijin ya untuk saya share dalam bentuk email, tapi menarik juga pendapat Mas Andi, mungkin ybs bisa menjabarkan isi Ahmadiyah dengan lebih komprehensif dan kepala dingin.

    Jadi penasaran apakah sudah ada kajian mengenai sudah berapa cabang umat islam terpecah belah? apakah sudah mendekati 73…:)

    Memang kita banyak terjebak mikir dan berdebat konsep baik dari sis syariat dan a.
    sementara akhlak islam makin tenggelam.

  14. 1. Untuk mengetahui Apa dan Siapa Ahmadiyah itu dalam konteks sejarah terjadinya agama-agama sejak Adam sampai kiamat, sesuai Maryam (19) ayat 58, Al Hajj (22) ayat ayat 43, Al Baqarah (2) ayat 87, Ali Imran (3) ayat 144, Al Ahzaab (33) ayat 40, Muhammad (47) ayat 2, Al Fath (48) ayat 29 dan Ash Shaff (61) ayat 6,7,8,14.

    2. Untuk mengetahui bagaimana caranya menyelesaiakan perselisihan persepsi antara agama sesuai Al Baqarah (2) ayat 113 dan perpecahan didalam agama sesuai Ar Ruum (30) ayat 32, Al Mu’minuun (23) ayat 53,54, kemudian menciptakan persepsi tunggal agama sesuai Al Baqarah (2) ayat 148, diera globalisasi sesuai Al Isro (17) ayat 104, Al Kahfi (18) ayat 99, Al Qari’ah (101) ayat 4.

    3. Bacalah buku panduan terhadap kitab-kitab suci agama-agama berjudul:

    “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA”
    berisi XX+527 halaman berikut lampiran acuan terpisah dengan ukuran 63×60 cm.:
    “SKEMA TUNGGAL ILMU LADUNI TEMPAT ACUAN AYAT KITAB SUCI TENTANG KESATUAN AGAMA (GLOBALISASI)”,
    hasil karya tulis ilmiah otodidak penelitian terhadap isi kitab-kitab suci agama-agama selama 25 tahun oleh:
    “SOEGANA GANDAKOESOEMA”
    dengan penerbit:
    GOD-A CENTRE”
    dan mendapat sambutan hangat tertulis dari sek. DirJen Bimas Buddha, umat Kristiani dan tokoh Islam Pakistan.

    Buku panduan: “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA”

    I. Telah diserahkan pada hari Kamis tanggal 27 September 2007 kepada Prof. DR. ibu Siti Musdah Mulia, MA, (Islam), Ahli Peneliti Utama Balitbang Departemen Agama Republik Indonesia, untuk diteliti sampai mendapat keputusan menerima atau menolak dengan hujjah sebagaimana buku itu sendiri berargumentasi.

    II. Telah dibedah oleh:
    A. DR Abdurrahman Wahid, Gus Dur, (Islam), Presiden Republik Indonesia tahun 1999-2001.

    B. Prof DR. Boedya Pradipta, Penghayat Ketuhanan Yang Maha Esa, dosen FS Universitas Indonesia.

    C. Prof Usman Arif, Konghucu, dosen Filsafat Universitas Gajah Mada.

    D. Prof. DR. Robert Paul Walean Sr., Pendeta Nasrani, sebagai moderator, seorang peneliti Al Quran sebagaimana Soegana Gandakoesoema meneliti Al Kitab perjanjian lama dan perjanjian baru, setingkat, dan setara dengan Waraqah bin Naufal bin Assab bin Abdul Uzza, umur 94 tahun, Pendeta Nasrani, anak paman Siti Hadijah 40 tahun, isteri Muhammad 25 tahun, sebelum mendapat wahyu 15 tahun kemudian pada usia 40 tahun dengan perantaraan Jibril (IQ).

    E. Disaksikan oleh 500 perserta Seminar dan Bedah Buku dengan diakhiri sesi dialog tanya jawab, dan jika tidak dibatasi waktunya pasti mengulur lama, disebabkan banyak gairah pertanyaan yang diajukan para hadirin.

    Pada hari Kamis tanggal 29 Mei 2008, jam 09.00-14.30, tempat Auditorium Perpustakaan Nasinal Republik Indonesia, jl. Salemba Raya 28A, Jakarta, dalam rangka peringatan satu abad (1908-2008) kebangkitan nasional “dan kebangkitan agama-agama (1301-1401 hijrah) (1901-2001 masehi)” dengan tema merunut benang merah sejarah bangsa untuk menemukan kembali jati diri jiwa Bhinneka Tunggal Ika Panca Sila Indonesia, diacara Seminar & Bedah Buku hari/tanggal: Selasa 27 Mei -29 Mei 2008.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  15. Sebelum datang hadir buku panduan: “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA” pimpinan Ahmadiyah dan pengikutnya 100 tahun lamanya tidak mengetahui dan mengerti Siapa dan Apa dirinya sendir dalam konteks kejadian agama-agama sejak Adam sampai kiamat, demikian pula agama-agama yang lainnya.
    Percayalah apa yang kami katakan ini !

    Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  16. klo kt gw,,pndapat lu ttg Ahmadiyyah itu ribet,,SALAH BESAR!!!
    klo pkiran kita sendiri udaa mengatakan itu ribet pdhl blm memahami sepenuhnya,,y kita bkl beranggapan sampai kapan pun itu ribet..
    smuanya tergantung pada pkiran kita.. pa lagi skr byk yg memprovokasi.. memberikan sugesti” k byk org klo Ahmadiyyah itu sesat.. toh itu keyakinan seseorg..dan g ada yg bisa menghakimi itu slain ALLAH swt..

    jd sblum mempelajarinya jgn dee main hakin sendiri..

    mslah kykinan seswtu yg abstrak,,bs bkn geger..
    sdg mslh korupsi yg nyata,,msh bisa qta bkin nyantai..
    aneh????

  17. Jawabannya simple…secara hukum, organisasi Ahmadiyya sudah diakui di Indonesia dengan adanya SK Menteri Kehakiman Tahun 1953 tentang aliran kepercayaan.

    Nah seandainya gue jadi penganut Ahmadiyya, lebih baik mengusulkan Ahmadiyya sebagai ajaran atau keyakinan tersendiri yang sama sekali terpisah dari agama Islam. Ngapain sih repot-repot dan pusing mengemis minta dijadikan sebagai bagian dari agama Islam.

    Lagian Islam jaman sekarang sudah jelek image-nya, mana dicap agama teroris dan kekerasan. Makanya daripada merepotkan umat Islam lebih baik jadi agama tersendiri saja!!! Biarlah kami sendiri, yang beriman bahwa Muhammad SAW sebagai nabi terakhir, membenahi Islam yang sedang carut marut ini.

    • yachhhh.terkadang emang sifat manusia yang suka usil,tapi kalau di biarkan terus menerus emang bisa semakin menjadi..jadi seandainya kita tidak mengambil langkah yang lebih keras,maka orang tersebut akan berkembang biak,,kita udah tau masak di biarin begitu saja..bubarkan ahmadiya itu jalan yg terbaik

    • Maaf akh, janganlah memandang sesederhana itu, hanya Tuhanlah yang berhak mendirikan, membuat, menetapkan sebuah agama adapun manusia ? tidak ada hak sedikitpun mengenai itu. Namun mari kita berandai-andai : mereka menyembah Allah SWT, adakah Allah memilliki agama lain selain Islam ? mereka shalat 5 waktu adakah agama lain yang memiliki sholat seperti ini selain Islam ?, mereka puasa di bulan ramadhon, mendirikan 2 Ied, Fitri dan Adha, bolehkah mereka tetap seperti itu setelah membentuk agama sendiri ? tentu akan semakin rumit persoalannya. Bila setelah mereka membentyk agama lain lalu tidak boleh melakukan syariat yang biasa mereka lakukan berarti sama halnya menyuruh 500 ribu warga negara Indonesia menjadi atheis, meyuruh 500 ribu manusia untuk meninggalkan Allah SWT, tidak mengakui Muhammad SAW sebagai nabi. dan menyuruh 500 ribu jiwa menjadi atheis. pengadilan apa yang kira2 akan dibebenkan di yaulmil kiamat diatas pundak orang yang menyuruh hal ini. Tidak ada jalan lain, menurut saya, rangkul mereka… lalu sadarkan dengan penuh kebijaksanaan, berhasil atau tidak biar Allah yang menentukan, karena itu sudah wilayah Allah Azza wa Jalla, tapi jangan paksa mereka mengingkari Allah karena itu sangat besar dosanya…..

  18. Permasalahan Ahmadiyah ini merupakan permasalahan tentang siapa Nabi Isa yang akan diturunkan di Akhir Zaman seperti yang di nubuwatkan oleh yang mulia Rasulullah SAW..
    Secara akidah, kita meyakini nabi isa akan turun setelah Nabi Muhammad SAW. maka disini pertanyaannya, jika kita meyakini Nabi Isa as, akan turun diakhir zaman apakah kita menyalahi, atau bahkan menghina Yang Mulia Rasulullah SAW sebagai Khataman Nabiyyin?
    Jawaban para Ulama tentu saja tidak..tetapi..(ini penjelasannya malah jadi memusingkan) ada yang mengatakan kalau Nabi Isa yang akan turun “setelah” Rasulullah tersebut adalah Nabi lama, Isa as yang turun ditengah-tengah bangsa Yahudi 2000 tahun yang lalu, jadi tidak menyalahi khatamaan nabiyyin. ada juga yang mengatakan khatamaan nabiyyin adalah saklek merupukan nabi penutup jadi tidak ada nabi lama maupun nabi baru yang akan turun setelah masa Rasulullah, tetapi pendapat ini juga akan memberikan penjelasan yang lebih membingungkan lagi mengenai janji Allah yang di kabarkan oleh YM Rasulullah bahwa Nabi Isa akan turun untuk yang kedua kalinya di akhir zaman..
    Disatu sisi, kita tidak bisa mengatakan kalau hadits2 mengenai kedatangan kedua kalinya Nabi Isa as di akhir zaman ini adalah hadits palsu..karena ini adalah Hadits Mutawatir, yang di sampaikan oleh rasulullah kepada orang banyak..

  19. Permasalahan tuduhan-tuduhan lain kita perlu mengklarifikasi..seperti mereka berhaji ke Rabwah, karena menurut penjelasan resmi mereka mereka berhaji ke Baitullah di Makkah.. bahkan beberapa khalifah jemaat ahmadiyah terdahulu melakukan ibadah haji ke mekkah, sebelum pemerintah arab saudi melarang jemaat Ahmadiyya ini untuk berhaji ke sana…tetapi samapai saat ini ahmadi dari beberapa negara melakukan ibadah haji ke baitullah di makkah, seperti dari negara-negara afrika utara dan beberapa negara lainya, yang tidak memberlakukan status non muslim pada passpor mereka…
    yang paling menggelikan menurut saya, adalah tuduhan mengenai kalau ada orang non-ahmadi yang shalat di mesjid ahmadiyah, maka mesjid itu akan dipel, seolah-olah najis…karena saya lihat sendiri, kalau mesjid jemaat ahmadiyah tersebut menggunakan karpet (yang membuat saya bertanya, bagaimana cara mereka mengepelnya?)

    banyak lagi hal-hal lain yang saya temui yang menurut saya membuat tuduhan-tuduhan terhadap mereka menjadi konyol…yah..saya mencintai Islam yang tidak dirusak secara akidah, tetapi untuk menghadapi hal-hal seperti ini tidak ada alasan yang bisa digunakan utk memfitnah..kalau jemaat Ahmadiyah sesat, Allah pasti akan menghancurkan mereka..tidak perlu kita mengotori perbuatan kita dengan tindakan anarkis dan fitnah…

  20. Jadi sesuai dengan apa yang orang-orang Ahmadiyah katakan, perbedaan utama antara Umat Islam pada umumnya dengan para pengikut Ahmadiyah adalah masalah kedatangan Nabi Isa as. Berbeda dengan umat Islam pada umumnya, Ahmadiyah meyakini kedatangan Nabi Isa as, yang dijanjikan akan datang diakhir zaman tersebut sudah datang, yakni Mirza Ghulam Ahmad tersebut..sementara kita meyakini kalau Nabi Isa tersebut masih Hidup dilangit dalam 2000 tahun ini..hal ini yang perlu kita cari tahu, telaah, dan teliti..

    yah ini hanya sekedar bahan renungan saja…
    Masalah adanya Nabi hidup dilangit bukan pertama kali diyakini oleh umat manusia..Umat yahudi sampai detik ini masih menolak kedatangan Nabi Isa as adalah karena menurut Nubuatan kedatangannya, Almasih atau Mesiah dalam bahasa mereka, tidak akan turun sebelum Elia (Nabi Ilyas as) turun. Umat Yahudi meyakini Elia (nabi Ilyas as) masih hidup dilangit. Ketika Nabi Isa as mendakwahkan diri sebagai Nabi/Almasih yang dijanjikan, mereka menanyakan mana Elia yang dijanjikan. Nabi Isa as, mengatakan bahwa Yohannes (Yahya as)-lah Elia yang dijanjikan dalam Nubuatan tersebut. Ketika ditanyakan kepada Nabi Yahya as, Nabi Yahya mengatakan bahwa ia bukanlah Elia yang itu, Elia yang dimasa lalu tersebut sudah lama berlalu.
    Nah disini pertanyaanya, apakah kita melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi yang menolak kedatangan Nabi Isa as??

  21. Sebagai muslim kita harus berhati-hati dalam menyikapai permasalahan Nabi Isa ini…karena Rasulullah sudah mengingatkan kita, bahwa nantinya diakhir zaman kita akan mengikuti kesalahan umat-umat terdahulu, sejengkal demi sejengkal..sehasta demi sehasta..jika umat terdahulu (yahudi dan nasrani) masuk dalam lubang niscaya umat Islam juga akan masuk pada lubang yang sama…
    Di zaman Nabi Isa as, para pendeta parisee mengklaim mereka adalah pemegang teguh ajaran para Nabi, mereka adalah pemegang teguh ajaran Taurat..tetapi sejarah mencatat, ternyata mereka lah yang menzalimi Almasih yang dijanjikan ketika Almasih tersebut datang ditengah-tengah mereka…
    sampai detik ini mereka masih menunggu kedatangan Almasih yang dijanjikan tersebut..padahal Isa Almasih yang dijanjikan datang ditengah-tengah mereka sudah lama berlalu…

  22. Alhamdulillah gw dapat memahami dan menerima Ahmadiyah. Gw masuk ahmadiyah karena ini satu-satunya firqah islam yang punya KHALIFAH yang meneruskan Kenabian. Saran gw coba cari islam yang sesuai dengan nubuatan di akhir jaman, jangan pada saling memfitnah.

  23. untuk piko kalo kamu menganggap bahwa telah baca Quran maka tidak perlu membaca yang lain adalah pemikiran yang sangat salah… apa gunanya Hadist? Paham Tak? terhadap pemahaman dan penafsiran quraan apa semua nya sudah satu persepsi? kalo sudah ada, maka tidak ada fitnah tidak ada peperangan antara suni dan siah. Yang paling penting buat PIKO pernyataan kamu yang menyatakan bahwa “Di dunia ini, yang menyesatkan justru yang mudah berkembang…contoh mabuk enak khan? Judi asyik khan? Sex bebas cihui khan? Islam melarang semua itu…tetap saja Islam berkembang dan bukannya dijauhi.” adalah pernyataan apa itu. Agamanya Islam penganutnya muslim orang muslim adalah yang mengamalkan ajaran islam, jadi kalo dia berjudi, mabok2an, sex bebas dia bukan muslim karena di abukan muslim maka ajaranya bukan ISLAM. PAHAM KO PIKO. harus ko bedakan itu. jadi kalo kau mendukung segala perkembangan perbuatan yang dilarang oleh ISlam maka kusimpulkan kau bukan muslim dan ajaran kau itu bukan ISLAM disini kunyatakan BAHWA KAU TIDAK BERHAK LAGI MENGKOMENTARI AJARAN ISLAM.
    Untuk Mas RON ada beberapa buku yang komprehensip membahas tentang Ahmadiyya buku tersebut merupakan hasil disertasi dari seorang yang bukan Ahmadiyya begitu juga ada buku yang meneliti figur Mirza Ghulam Ahmad sebagai Imam Mahdi, buku ini dari hasil tesis yang penelitinya juga bukan dari ahmadiyya . jadi saya pikir buku tersebut komprehensip.

  24. Untuk Piko sedikit lupa jangan bawa2 hukum kalo kau tidak paham tentang hukum. sejauh apa kamu paham tentang hukum di republik ini? berbicara tentang hukum apa yang nyatakan jelas uda melanggar hukum cak ko baca KUHPIDANA Pasal 310 dan 311 jo 355. jelas berap la ko di dalam penjara.

  25. Aduh segitu sempitnya cakrawala berfikir dari umat Islam saat ini.Knp sih,dalam memahami perbedaan saat ini orang seperti dibutakan dalam berfikir?sebuah pertanyaan,apakah sang pencipta telah membutakan hati dan pikirannya,Saya rasa untuk Mas Piko Tolong ketika berargument gunakanlah pemikiran yang objektif,bermetode, mempunyai dasar, tidak pada satu sumber.Ibaratkan nulis sebuah tesis kalo Daftar Pustakanya cuman sdkt,apa kata dosen?Sampah ni tulisan kamu…Mas piko,saya pikir anda sudah pahan tentang masalah yang dihadapi umat islam saat ini, Agama Terorislah, identik dengan kekeraanlah, carut marutlah kt anda.Tetapi hanya sebatas tentang mengetahui masalah aja tdk cukup.Saya yakin Pengetahuan anda tentang Ahmadiyya bisa dibilang nihil demikian juga dengan keislamannya.Kenapa?karena kemampuan anda hanya sebatas mengidentifikasi masalah saja cukup.Jadi kyknya kurang pantas kalau kita diskusi lebih jauh,karena ga cukup ilmu ente dan itu bebal pula.GUSDUR aja yang tamatan kairo yang bisa dibilang khasanah literatur islamnya cukup banyak, dia hanya mampu sebatas mendukung Ahmadiyya tdk meyakini..artinya msh kurang lg pemahaman Gusdur tentang islam.Apa lagi Mas PIKO,jawab sendirilah..Sekedar Informasi,kl sempet maen2 ke Prancis,coba deh iseng2 tanya ke masrakat sana,simpel aja.Kl kita tanya lokasi mesjid dmn?pasto sebagian besar masyarakat sana mengarahkan ke Mesjid Ahmadiyya bahkan mereka mau mengantarkan kita.Karena Image disana Bahwa Islam Ahmadiyyalah yang baik,tidak teroris dan tdk ada kekerasan.Jadi,ini sebuah bukti bahwa Ahmaduyyalah yang akan mengharumkan islam. Sekedar saran ya…Mas PIKO jgn sampe dicap orang dengan gelar “PIkiran KOtor”.

  26. Wah nampaknya saya diserang oleh banyak simpatisan atau pengikut Ahmadiyya. Well, saya akui memang Ahmadiyya anti kekerasan di Eropa sana…that’s good!

    Tapi selagi namanya perbedaan keyakinan, Anda yang menganut Ahmadiyya dan Anda yang tidak menganut Ahmadiyya akan selamanya berbeda karena memang keyakinan masing-masing berbeda. Muslim atau bukan Muslim juga hanya Alloh SWT yang tahu.

    Sori kalau saya lupa mencantumkan sumber tulisan saya, sumber tersebut saya kutip dari Wikipedia.com. Jadi saya pikir tulisan tersebut sudah objektif dan bukannya saya mengada-ada.

    Yang penting, jika Anda, sebagai penganut Ahmadiyya, yakin bahwa ajaran yang Anda imani adalah benar maka silahkan saja. Namun bagi saya, Ahmadiyya bukanlah ajaran yang saya imani. Dan konflik pasti akan terjadi, dari konflik argumen hingga fisik seperti yang terjadi di beberapa negara, jika masing-masing penganut sudah mulai memberikan pengaruhnya terhadap penganut ajaran lain.

    • prinsip yang cukup bijaksana, sebaiknya kita tidak boleh menyerang keyakinan orang, karena itu hak asasi manusia, tidak setuju boleh saja, tapi akh Andi Silalahi jangan menghakimi Akh Pico, dan begitupun sebaliknya. Akh Andi berhak meyakini ahmadiyah, dan akh pico juga berhak tidak meyakini ahmadiyah, so kita bisa hidup secara damai. peace…..

  27. Coba tolong di counter poin-poin isu yang saya utarakan. Dan apa yang membuat Anda yakin bahwa Islam yang dibawakan Muhammad SAW dan ajaran Mirza adalah sejalan? Dan apa yang berbeda?

  28. TAK PERLU DIPERDEBATKAN LAGI YANG JELAS ISLAM ADALAH AHMADIYYA DAN AHMADIYYA ADALAH ISLAM. KALO MASIH RAGU SHOLAT LAH, BERDOA, MOHON PETUNJUK DARI ALLAH SWT. MINTA DENGAN ALLAH. KARENA BAGI HAMBA YANG MEMINTA KEPADANYA MAKA IA AKAN MEMBERIKANNYA.
    WASSALAM

  29. Begini pak pico,mengenai tulisan yang anda kutip dari Wikipedia.com saya pikir itu sangat subjektif.Kenapa?karena objektifitas itu tidak ada yang namanya justifikasi negatif ketika kita berbicara suatu perbedaan.Jadi untuk mengcounter tulisan tsb saya pikir tidak perlu karena tendensi dari tulisan itu sudah sangat jelas dan mengada-ngada dan bisa saya pastikan fakta tersebut 100 persen tidak benar.

  30. memang betol dan pasti betol… tiap nabi yang diturunkan ALLAH SWt mana ada yang bs menerima dengan tangan terbuka. pasti ada yang menentangnya dengan segala macam dalil. RASULLAH SAW aja luar biasa mendapatkan tantangangan dari orang arab sendiri pada saat itu. Nah sekarang kalo di bilangArab menentang AHMADIYYA ya wajar2 lah kan Rasul aja kemeren2 di tentangnya. memang uda gitu otaknya dari sono. makanya Indonesia jangan ikut-ikutan.

  31. Dan Alkitab mengatakan; pada saat menjelang akhir jaman akan muncul antikris, yang ingin membasmi umat kristini, tetapi Yesus Kristus akan datang kedunia untuk yang kedua kalinya diakhir jaman, Dia datang sebagai Juru Slamat umat kritiani dan sebagai Hakim Dunia.

  32. Debat apapun tentang kebenaran AHMADIYAH, baik argumen dalil ataupun logika pada saat ini nampaknya tidak dapat dilakukan lagi…solusi jitu adalah dengan bertanya langsung kepada YANG MAHA TAHU ALLAH SWT tentang benar atau tidaknya ajaran Ahmadiyah, serta kebenaran Mirza Ghulam Ahmad sebagai Utusan Allah, melalui do’a dan Shalat Istiharah, tapi sebelumya harus menetralkan pikiran terlebih dahulu, jangan sekali-kali ketika berdoa, saudara masih memplot pikiran pada kebencian thd Ahmadiyah, pokoknya betul-betul harus netral dan disetting bahwa kita ingin tahu kebenaran yang hakiki kepada Allah Swt.., Insya Allah Dia Yang Maha Menjawab Do’a akan menjawab pertanyaan saudara-saudara tsb, namun selanjutnya setelah pertanyaan saudara terjawab, APA YANG AKAN SAUDARA LAKUKAN???(silahkan jawab sendiri)……Yang pasti kekerasan fisik sampai kapanpun tidak diperbolehkan!!, silahkan tanya kepada hati nurani saudara..Ingat! jangan sampai kita termasuk kedalam manusia-manusia pembangkang, sombong dan perusak,.Kan Manusia adalah khalifah di muka bumi,. kan Manusia adalah makhluk sempurna ciptaan Allah, yang artinya adalah hanya manusialah wujud ciptaan Tuhan yang mampu memanifestasikan banyak sifat Allah Ta’ala, termasuk didalamnya sifat Pengasih dan Penyayang. Masa Allah Ta’ala aja menciptakan manusia dengan Kasih Sayang, kok ini manusia malah ingin merusak sesamanya (sampai-sampai terucap kata-kata yang mengerikan dari para pembenci AHMADIYAH, bahwa darah orang Ahmadiyah halal untuk dibunuh…Naudzubillah)…masih ingat sejarah Nabi Suci Muhammad Rasulullah Saw?..Seorang Khalid bin Walid dulunya adalah penentang Islam, sampai-sampai ia hampir berhasil membunuh Rasulullah, namun ternyata Allah berkehendak lain, akhirnya Khalid bin Walid sang penentang berubah menjadi Prajurit Islam Sejati…Apakah sejarah ini akan terulang kembali??…….

  33. Apabila kita baca Al Qur’an, maka 70% isinya adalah peringatan kepada manusia agar tidak mendustakan utusan Allah. Apabila manusia mengangkari utusan Allah, maka Allah mengatakan dengan tegas sanksinya adalah azab….azab…azab. Mana ada sih utusan Allah yang langsung diterima? Semua utusan Allah pada awalnya pasti ditolak. Hanya orang yang mau membuka hatinya, dapat menerima datangnya utusan Allah.
    Ahmadiyah sudah 100 tahun lebih dan sudah mengalami berbagai tekanan dan penderitaan. Mesjid-mesjid Ahmadiyah dihancurkan dan rumah-rumah pengikutnya dibakar. Tetapi para pengikutnya tetap memegang keyakinannya. Para pengikut Ahmadiyah terus sabar . Fitnah dan pemutar balikan fakta terus dilakukan terhadap Ahmadiyah tetapi sebagaimana biasa kaun Ahmadiyah ini tetap menerimanya dengan sabar.
    Coba lihat apa yang dikatakan terhadap paham Ahmadiyah: “Tazkirah dibilang kitab suci Ahmadiyah , Qur’annya dibilang berbeda, sahadatnya berbeda, sholatnya dibilang berbeda…..” sekarang ditambah lagi katanya orang Ahmadiyah menganggap orang yang tidak percaya Mirza Ghulam Ahmad sebagai sesat.” Ini semua merupakan pemutar balikkan fakta dan fitnah dari orang-orang yang mengaku dirinya paling benar. Semua fitnah itu tidak benar.
    Perbedaan Ahmadiyah dengan main stream Islam hanya satu, Kaum Ahmadiyah percaya bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Imam Mahdi sebagaimana yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW.
    Lain2 tidak ada perbedaan. Tadzikirah bukan kitab suci atau ajaran. Kalimat shahadat sama, Al Qur’an sama, Sholatnya sama, dan hajinya sama ke Mekkah. OK Brother?

  34. Yang jelas Ahmadiyah benar, tuduhan-tuduhan di atas adalah tuduhan usang yang sudah berulangkali dijawab oleh Ahmadiyah, namun karena lantaran bebal orang yang memusuhi Ahmadiyah terus menerus memakai tuduhan dan fitnahan usang ini, kasian deh

  35. perselisihan majlis ulama dan ahmadiyah kok tidak selesai selesai jnga jngan masalah ini perlu dibicarakan secara terbuka supaya umat tau dimana perselisihannya dan persamaanya ini jugakan baik untuk kedewasaan beragama masalah keyakinan itu masing masing tapi gimana kalau mui dan ahmadiyah berdiskusi ditelivisa tentang argumen argumen yang mereka miliki saya siap jadi moderatornya,apakah ada yang mau mensponsori telpon saya andi nur akan telp 021 98388071

  36. perselisihan majlis ulama dan ahmadiyah kok tidak selesai selesai jnga jngan masalah ini perlu dibicarakan secara terbuka supaya umat tau dimana perselisihannya dan persamaanya ini jugakan baik untuk kedewasaan beragama masalah keyakinan itu masing masing tapi gimana kalau mui dan ahmadiyah berdiskusi ditelivisa tentang argumen argumen yang mereka miliki saya siap jadi moderatornya,apakah ada yang mau mensponsori telpon saya andi nur akan telp 021 07298388971 persoalan ini karna saya belajar tatamuka pulahan ulama dari majlis ualama dan mediskusikan dengan ulama ahmadiyah diantaranya ahmad nurdin ahmad chema mian abdul hate mavi idris masi banyak lagi yang tekemuka majlis ulama maupun ahmadiyah menurut penelitian saya masih banyak yang salah dan akan malu kalau saya beberkan didepan publik tetapi demi persaudaraan islam pngikut ahmadia maupu islam muhammadiyah saya tidak akan beberkan dan munkin orang yang terlindungi oleh langit itu tidak mungkin

  37. iya..itu betul…mas andi nur alam…setiap kali kesudahan diskusi itu ahmadi akan di kafirkan…. sebab islam ortodox sudah tidak ada benda yang nak di utarakan melainkan tuduhan palsu yang ahmadi sudah biasa dengar… dan yang lain perbedaan tafsiran saja… saya kenal benar cara pemikiran awk…. saya ada saudara macam awk… semua org salah.. dia saja yang betul…. jadi klu diskusi dengan org mcm awk tiada solusi… hanya membesarkan masalah saja…. ilmu itu bukan untuk dibanggakan jika tidak ulama itu akan jadi seteruk2 makluk….

  38. ass. Maslah ahmadiyyah ini adalah masalah aqidah dan hidayah, kalau antum semua ragu dan takut sama Ahmadiyyah, coba antum sholat istiharoh minta sama yang Maha Mengetahui Allah Robul Alamin, apakah Ahmadiyyah ini sesat atau benar ? karena hanya Dia lah yang akan memberikan hidayah kepada kita , jangan memvonis si anu sesat si anu benar ?

  39. Ass. Wr. Wb.

    Sebenarnya yg dipaparkan diatas itu tidak benar, tentang Isu Keimanan, Islam , Ahmadiyyah dan Komentar Gue.
    Orang Ahmadi syahadatnya sama dengan orang Islam, Kitab sucinya Alqur’an dan Naik Haji juga ke Mekkah. Jadi sebenarnya Ahmadiyah adalah implementasi islam sejati

    ok. trims. wassalam

  40. gw bukan muslimah yang taat2 bgt sih, tapi gw suka baca2 buku2 tentang islam (apa aja). awalnya gw kira ahmadiyya juga ga bener tapi ternyata mereka sama2 aja kok baik rukun iman dan rukun islamnya.
    permasalahannya hanya di “hataman nabiyyin”, menurut orang islam kebanyakan, hatam berarti penutup tapi menurut ahmadiyya hatam berarti mulia.
    sekarang gini aja deh, manusia di dunia ini kan banyak wajar bgt kalo ada banyak perbedaan juga. Allah selalu mengajarkan kita untuk saling menghormati dan menghargai, jadi ga usahlah saling menyerang toh ahmadiyya juga ga pernah rese. malah FPI tu rese bgt! anarkis! ajaran islam ga pernah nyuruh kita utk melakukan kekerasan kan?
    1 hal lagi yang penting, JANGAN PERNAH menjudge sesat pada 1 golongan karena sesungguhnya itu merupakan hak Tuhan. kewajiban kita adalah mencari kebenaran tanpa mengganggu kepentingan orang lain. ALLAH juga menjanjikan bahwa ajaran islam akan terus terjaga sampai akhir jaman, jadi biarin tangan tuhan yang kerja. kita ga usah repot2 sampe berbuat anarkis atau menjudge orang lain, salah2 nanti malah fitnah lagi, inget lho fitnah itu dosa besar!
    di akhirat nanti kan juga kita dihisab sendiri2, jadi ga perlu ngurusin orang lain kan?hehe..

  41. 1.Kaum Ahmadiyah percaya bahwa meletusnya gunung Krakatau di Indoneisa tahun 1883 adalah merupakan tanda datangnya Mujaddid abad ke-14. Ghulam Ahmad as.

    2. Kaum Ahmadiyah wajin percaya pula, bahwa gempa bumi yang berkelanjutan 6 tahun terakhir ini, sunami dan meletusnya gunung-gunung berapi di Indonesia, adalah merupakan tanda-tanda telah datangnya Mujaddid abad ke-15 di Indonesia, Ahmad Ghazanawi alias SGNGK, sebagaimana telah diramalkan didalam kitab wahyu Tazdkirah Ghulam Ahmad as.
    Apabila Ghulam Ahmad as. masih hiduo, pasti beliau akan mengikuti jejak Mujaddid abad ke-15 hijjra, tetapi kaum Ahmadiyah mengingjkarinya..
    Hadits: Apabila Musa dan Isa datang sesudah Muhammad saw., maka mereka akan mengikuti jejak beliau, karena kalau tidak, berarti mereka bersifat Arbaban sesuai Ali Imran (3) ayat 80 dan At Taubah (9) ayat 31.

    Salamun ‘alaikum daiman ila wa fi yaumiddiin.
    Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi

  42. TUNGGULAH SAMPAI PERANG NUKLIR YANG AKAN TERJADI SEBENTAR LAGI.. YA SEBENTAR LAGI.. DAN KALIAN SEKALIAN AKAN MELIHAT ANAK KETURUNAN PARA ORANG-ORANG YANG MEMFITNAH, MENCEMOOH, DAN MENGHINAKAN JEMAAT AHMADIYAH, AKAN MENJADI PEMBELA AHMADIYAH YANG SETIA

  43. sya prnh brtu hamba allah yg mengaku bahwa dirinya adlh seorang ahmadi..
    dy mengatakn tntang kelompokny dia bilang ahmadiyah penuh dngan cinta….
    aku membaca sdikit tntng ahmadi dan trnya ahmadi mengatakn jika ajaran saya sesat maka sayalah yg paling sesat…..

    jd mungkn ahmadi hanya menympaikn yg ia tau tapi jamaah ny salah paham….

  44. egha: opo iyo niku…

    Kalau kita sudah memahami islam dengan sebenar-benarnya maka bumi ini akan damai/peace, sesuai dengan arti islam. Tidak ada lagi prasangka, apalagi fitnah. So, bagi yang suka fitnah berarti blm memahami islam.

    mempelajari Ahmadiyah harus dengan lapang dada, benar-benar ingin tahu, dan berani menerima apa yang benar dari ajaran yang di anut Ahmadiyah walopun sekecil-kecilnya.

    • jangan paksakan pola pikir dan keyakina anda kepada orang lain. yg sy pertanyakan ke kaum ahmadiayah:
      1. kapankah dajjal turun, kalo iman mahdi uda turun dan wafat pula?
      2. anda harus yakin bahwa sanya iman mahdi belum muncul karna kemunculan beliau ditandai dgn munculnya tanda2 kiamat besar (Qubra), andai kata sekarang baru muncul mungkin bisa saja dia adalah iman mahdi/almasih menurut anda
      3. bacalah buku tentang kisah akhir zaman sehingga anda akan bisa menelaah apa yg anda yakini sekrang ini
      4. tentang penyebarannya, saya tdk yakin begitu pesat. klo mau bukti silahkan anda tidak usah mengikutkan ISLAM ahmadi…. coba anda berdiri sendiri menjadi agama mizan ahmadi pasti gak ada pengikutnya. jd jangan mendompeng dgn apa yg orng telah kenal
      5. bagi saudaraku semua mari kita merenungi kehidupan ini jgn menghabiskan waktu dgn hal2 yg sia2. jgn mudah terpengaruh dgn hal2 yg terencana.
      6. semoga Allah mengampuni kalian semua dgn kehilaafan yg anda telah lakukan. bertaubatlahdgn sebenar2nya TAUBAT jangan amp MUZRIK. dosa yg tk akan ada ampungnya di sisi ALLA SWT.
      wassalam.

  45. Allahhuakbar??
    kenapa yah Al Quran mengajarkan bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan kalau umatnya aja semua pinter fitnah,ini juga yang bikin blog sok tahu!!kenapa nggak tanya dulu ke orang Ahmadiyah klo ini bener atau nggak?
    jangan ketidaktahuan diluncurkan di Publik seperti ini!!!

  46. Jemaat Ahmadiyah Dalam Islam
    Pergerakan Jemaat Ahmadiyah dalam Islam adalah suatu organisasi keagamaan dengan ruang lingkup internasional yang memiliki cabang di 174 negara tersebar di Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Australasia dan Eropa. Saat ini jumlah keanggotaannya di seluruh dunia lebih dari 150 juta orang, dan angkanya terus bertambah dari hari ke hari. Jemaah ini adalah golongan Islam yang paling dinamis dalam sejarah era modern. Jemaat Ahmadiyah didirikan tahun 1889 oleh Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908) di Qadian, suatu desa kecil di daerah Punjab, India.

    Beliau mendakwakan diri sebagai pembaharu (mujadid) yang diharapkan datang di akhir zaman dan beliau adalah Seseorang Yang Ditunggu kedatangannya oleh semua masyarakat beragama (Mahdi dan Al-Masih). Beliau memulai pergerakan ini sebagai perwujudan dari ajaran dan pesan Islam yang sarat dengan kebajikan — perdamaian, persaudaraan universal dan tunduk patuh pada kehendak-Nya – dalam kemurnian yang sejati. Hz. Ahmad menyatakan bahwa Islam sebagai agama bagi umat manusia : “Agama orang-orang yang berada di jalan yang lurus” (98:6).

    Dengan meyakinkan, dalam satu abad Jemaat Ahmadiyah telah menyebar ke sudut-sudut penjuru bumi. Dimanapun Jemaat ini berdiri, berusaha untuk mengerahkan suatu pengaruh yang membangun bagi Islam melalui proyek-proyek sosial, lembaga-lembaga pendidikan, pelayanan kesehatan, penerbitan literatur-literatur Islam dan pembangunan mesjid-mesjid, meskipun sedang mengalami penganiayaan di beberapa negara. Orang-orang Ahmadi Muslim telah mendapat kehormatan dengan menjadi masyarakat yang patuh pada hukum, perdamaian, tekun dan menjunjung tinggi kebajikan.

    Gerakan Jemaat Ahmadiyah dalam Islam dilahirkan berdasarkan tuntunan Ilahi dengan tujuan untuk meremajakan moral Islam dan nilai-nilai spiritual. Pergerakan ini mendorong dialog antar agama dan senantiasa membela Islam serta berusaha untuk memperbaiki kesalah-pahaman mengenai Islam di dunia Barat. Gerakan ini menganjurkan perdamaian, toleransi, kasih dan saling pengertian diantara para pengikut agama yang berbeda. Gerakan ini sebenar-benarnya percaya dan bertindak berdasarkan ajaran Al-Quran : “Tidak ada paksaan dalam agama” (2:257) serta menolak kekerasan dan teror dalam bentuk apapun untuk alasan apapun.

    Pergerakan ini menawarkan suatu tampilan yang cerah dari nilai-nilai Islami, falsafah, moral dan spiritual yang diperoleh dari Al-Quran Majid dan sunnah Nabi Suci Islam, Muhammad saw. Beberapa orang Ahmadi seperti almarhum Sir Muhammad Zafrullah Khan (Menteri Luar Negeri pertama dari Pakistan; Presiden Majelis Umum U.N.O yang ke 17; Presiden dan Hakim di Mahkamah Internasional di Hague) dan Dr. Abdus Salam (peraih hadiah Nobel Fisika tahun 1979) telah dikenal karena prestasi dan jasa-jasanya oleh masyarakat dunia.

  47. Ahmadiyah : Selayang Pandang
    Ahmadiyah: Selayang Pandang

    Ahmadiyah adalah, sebagaimana kita katakan, suatu sekte messiah dalam Islam. Untuk menghindari apa yang saya sebut sebagai “cold bath syndrome” saya akan buat kata pendahuluan dengan singkat. Pendahuluan seperti ini mungkin dapat menghindari keterkejutan dan kebingungan yang dapat mengantarkan kita kepada asingnya dunia Islam di abad sembilan belas.

    Saya tidak memiliki gagasan berapa banyak diantara para pembaca yang pernah mendengar tentang Jemaat Islam Ahmadiyah. Kita akan lihat sedikit nanti dimana seorang Muslim yang shaleh, tinggal di Punjab, pada tahun 1889 mendakwakan diri bahwa ia adalah Mahdi dan Al-Masih. Ini adalah titik perhatian utama, dimana kita kembali ke tahun 1876 Mirza Ghulam Ahmad mendapatkan wahyu ketika ia berusia 41 tahun, Saat yang dramatis itu, seseorang dengan kepribadian yang shaleh telah meraih suatu taraf kesadaran diri (self-realization). Sejak itu sampai waktu kewafatannya di tahun 1908, Hz.Ahmad adalah seorang manusia dengan daya kenabian yang membawa pengikutnya kepada apa yang dapat dirasakan sebagai kebangkitan kembali Islam.

    Ahmadiyah adalah gerakan pertablighan yang telah memiliki 10 juta pengikut mulai dari Indonesia dan Malaysia sampai ke Pakistan dan Afrika tengah dan Afrika barat serta Amerika. Saat ini, struktur organisasinya dipusatkan di Pakistan tengah, di kota Rabwah. Pemimpin gerakan ini sekarang adalah yang ke empat setelah wafatnya Masih Mau’ud (Al-Masih yang dijanjikan). Ia adalah Mirza Tahir Ahmad, salah satu cucu dari pendiri Ahmadiyah. Di awal tahun 1985, Huzur – panggilan sayang bagi Mirza Tahir Ahmad, pindah ke London sewaktu tekanan mulai mencapai puncaknya kepada Jemaat Ahmadiyah di Pakistan.

    Landasan hukum bagi siasat pemerintah (untuk melakukan tekanan) adalah pertama kalinya dengan cara mengamandemen konstitusi yang diumumkan secara resmi tahun 1974, yaitu menyatakan orang-orang Ahmadi sebagai “non-Muslim”. Baru-baru ini di bulan April tahun 1984, pemerintah menetapkan suatu peraturan yang menyatakan bahwa kaum Ahmadi, dibawah ancaman hukuman, dilarang, secara langsung atau tidak langsung, untuk menyebut diri mereka sebagai Muslim atau menyebut mesjid sebagai tempat ibadahnya atau menggunakan Azan sebagaimana kaum Muslim menggunakannya untuk tujuan panggilan sembahyang. Kaum Ahmadi tidak boleh menyebarkan : dengan perkataan atau dengan menulis atau dengan mengatas-namakan agama mereka dengan maksud untuk mengajak orang lain (bergabung dengan Ahmadiyah). Mereka juga dilarang menggunakan istilah atau sebutan seperti yang dialamatkan kepada Nabi Muhammad atau ahlul bayt (keluarga)-nya untuk anggota masyarakat Ahmadi atau untuk orang lain.

    John Esposito telah mempersiapkan sebuah buku berjudul Suara Kebangkitan Islam (Voices of Resurgent Islam). Buku ini dan buku-buku lainnya bermaksud memperlihatkan Islam sebagai suatu agama dengan energi baru dan sebagai suatu agama yang tidak lagi layak, jika itu pernah terjadi, memberi gambaran klise dari kekerasan yang tidak masuk akal dari perampok ‘padang pasir’. Sebagai pengganti dari penyederhanaan seperti itu, kita harus mencoba untuk mengerti bahwa Islam paling tidak memiliki fenomena kerumitan yang sama dengan agama Kristen. Agama yang berakar dalam Al-Quran dibungkus oleh penyederhanaan-penyederhanaan seperti itu adalah jelas tidak tepat. Tetapi bagaimana kita mengubah pola pikiran kita sebagai pengamat, ilmuwan dan pengajar dalam konteks ini untuk mampu memahami keragaman pengalaman beragama yang mempersatukan komunitas manusia ? Kita harus masuk ke dalam tradisi sejarah agama-agama, tapi kita juga harus membiasakan diri kita kepada kenyataan yang sekarang ada pada mereka.

    Ahmadiyah adalah, jika ini adalah motivasi kita, layak untuk dicermati. Melalui Ahmadiyah kita mungkin lebih dekat kepada Islam sebagai suatu fenomena sejarah dan sebagai kenyataan yang ada masa kini. Ahmadiyah memiliki keuntungan karena terdokumentasi dengan baik. Para pengikutnya berkeinginan dan mampu untuk menampilkan pergerakan ini sebagai suatu pengalaman pribadi dan sebagai suatu yang bersejarah. Mereka juga diyakinkan oleh perintah Al-Quran “bahwa tidak ada paksaan dalam beragama”. Dalam Ahmadiyah kita dapat menghargai keshalehan orang-orang Islam dan merasakan kelangsungan hidup dari Islam sebagai suatu kekuatan besar dalam dunia modern ini.

    Pergerakan Ahmadiyah dalam Islam

    Sebagaimana kita ketahui, pertengahan abad 19 masehi adalah masa bergaungnya keilmuan dan bergejolaknya kehidupan beragama. Ilmu pengetahuan alam dan sosial dimasak pada alat pembakar terdepan. Pada alat pembakar belakang, ketel dari tradisi agama-agama besar mulai mendidih.

    Disamping perumpamaan tersebut, adanya transisi di abad 19 kepada keajaiban perubahan-perubahan dan kengerian akan abad 20 ditandai dengan pembaharuan-pembaharuan gerakan dan lahirnya kaum beragama diseluruh dunia. Bergeloranya pandangan-pandangan akan masa depan (nubuatan) dan pemulihan kisah-kisah sejarah Kristen di dunia Barat telah dikenal dengan baik. Apa yang mungkin tidak diketahui dengan baik adalah kenyataan bahwa dunia Islam juga melihat gerakan-gerakan itu yang mana Al-Quran dan nubuatan-nubuatan tertulis lainnya membawa kepada pemenuhan nubuatan itu.

    Keyakinan itu telah tersebar luas mendekati lintas sejarah karir kemanusiaan. Pendekatan ini, tentu saja telah diduga. Bagaimanapun juga seseorang mungkin membenarkan keyakinan itu bahwa suatu lintasan peristiwa sedang dibuat, apakah dengan analisa sejarah atau penafsiran pandangan-pandangan nubuatan, tidak terelakkan lagi.

    Kita tidak dapat dan tidak perlu memutuskan dilema ini, apakah itu adalah suatu proses sejarah, campur-tangan Tuhan atau suatu kesepakatan rahasia dari dua penilaian yang membawa dunia kepada suatu kemelut. Rupanya, keyakinan yang tersebar luas dalam lingkaran tradisi keagamaan itu, dengan adanya zaman baru dari transformasi keilmuan, sosial dan politik juga disertai dengan penurunan nilai-nilai moral dan spiritual.

    Dewa Molokh di zaman baru industri dan ilmu pengetahuan ini adalah meminta manusia untuk mengorbankan hubungan-hubungan ketuhanan yang ada demi kesejahteraan dan kebangsaannya. Sebagaimana pandangan-pandangan yang membawa seorang manusia dalam masyarakat sekuler, desakan keagamaan di banyak bidang mencoba untuk bertahan. Hubungan perniagaan dan hubungan antar manusia telah merebut tempat persekutuan (komuni) yang dilakukan dengan Tuhan. Tidak hanya dunia yang berubah namun perubahan adalah merubah trend (kecenderungan), lamanya menggerakkan peradaban dan budaya yang tak lagi dapat menahan tekanan peristiwa melebihi kemampuan adanya pilihan-pilihan perlindungan dan pemeliharaan keagamaan, tidak lagi dapat efektif. Sebagaimana zaman baru telah terbit, akankah cahaya tetap bersinar dalam dunia yang tak bertuhan yang telah mengorbankan kebaktian dan keshalehan kepada Tuhan untuk proses yang rasional dan kemajuan materi ? Ada banyak yang tidak dapat memiliki kemungkinan itu.

    Saya pikir, bagaimanapun juga, hal itu bukanlah suatu kecenderungan negatif yang menggerakkan Mirza Ghulam Ahmad kepada ramalannya. Adalah sama ragu-ragunya (bagi kita) bahwa Hazrat Ahmad hanya didorong oleh penilaian kritis dari peristiwa-peristiwa duniawi untuk menyatakan dirinya bahwa ia adalah seorang Mahdi di zaman ini. Begitulah, ia bukan seorang pembicara terkenal tentang malapetaka karena adanya suatu tekanan perasaan (depresi), juga ia tidak mengkhayalkan arti wahyu seperti cara para wartawan (atau bahkan para sejarahwan) yang mencatat kecenderungan-kecenderungan (trends) yang ada sekarang di halaman-halaman opini pada surat kabar kita. Dari pandangannya dan darinya ia mendirikan pergerakan ini, Hazrat Mirza Ghulam Ahmad menjawabnya berdasarkan wahyu. Ia adalah seorang yang sangat shaleh. Nubuatan serta ucapannya (tidak hanya) terlihat sebagai ungkapan jiwa yang bersentuhan dengan trend dan peristiwa-peristiwa masa kini, namun lebih kepada ungkapan jiwa dalam persekutuan (komuni) dengan Tuhan yang hidup.

    Dalam cita rasa ilmiah, kita kelihatannya mencari suatu keadaan yang mendasari perilaku seseorang. Dan selama lebih dari 100 tahun terakhir, para sarjana mencari-cari akar psikologis dari pengalaman beragama. Namun ada juga klaim yang dibuat dalam lingkaran gerakan keagamaan tertentu yang mungkin membawa kepada tidak adanya prasangka.

    Apa yang Hazrat Ahmad maksud mengenai dirinya dan apa yang dimaksud oleh para pengikutnya tentang dirinya adalah cukup jelas. Perkiraannya mengenai rendahnya tingkat keshalehan dan kepercayaan kaum Muslim sebagai suatu penilaian tidaklah sesederhana itu pada kondisi sekarang bagi seorang peneliti yang peka. Pendakwaannya sebagai seorang nabi di akhir zaman ini terlihat tidak hanya psikologi khusus saja. Ia lebih merasa atau mengetahui dalam lubuk-lubuk hatinya bahwa ia “mendapatkan kedekatan yang sempurna dengan Tuhan Yang Maha Perkasa”. Tidak dapat disangkal adanya landasan wahyu dari pengetahuan atas dirinya sendiri ini. Keyakinan atas kebenaran wahyu selalu merupakan landasan kekuatan bagi Ahmadiyah dan pada kesempatan yang sama sikap permusuhan ditampilkan kepada gerakan ini oleh para mullah (kyai) Islam ortodoks.

    Namun mungkin kita harus kembali pada permulaan gerakan Ahmadiyah dalam Islam agar mendapat beberapa sentuhan asli yang dinamis yang telah memberikan rangsangan yang khas selama 100 tahun terakhir ini bagi 10 juta orang yang berasal dari daerah Dar al Islam (Negara Islam).

    Pendiri Ahmadiyah lahir disebuah kota kecil di Punjab pada tahun 1835, di kota Qadian yang berjarak tidak lebih dari 30 atau 40 mil sebelah timur kota Amritsar, dimana terletak kuil emas kaum Sikh yang pada pertengahan tahun 1984 menjadi pusat perhatian dunia. Disana lahir Mirza Ghulam Ahmad, disebuah daerah dimana tradisi-tradisi agama kuno dan baru hidup dalam kebersamaan yang rapuh. Andrew Jackson adalah presiden Amerika Serikat, Joseph Smith dua tahun sebelumnya telah mendirikan Gereja Latter-day Saints. Louis Phillipe merupakan pemerintahan monarki dari Perancis. Dua tahun setelah kelahiran Ahmad, Victoria menjadi Ratu Inggris dalam usia 18 tahun. Chopin mencapai kejayaan dari karirnya. Dan hanya setahun sebelumnya, Friedrich Schleiermacher meninggal dunia.

    Bagaimanapun, sampai umur 41 tahun (1876) Hazrat Ahmad mulai menerima banyak wahyu yang akan membawanya kepada keyakinan/kepastian bahwa didalam pribadinya telah genap datangnya Mahdi. “Setelahnya”, sebagaimana kata Zafrullah Khan, “telah diwahyukan kepadanya bahwa ia juga adalah Al-Masih yang dijanjikan dan benar-benar seorang Nabi yang datang seperti yang telah dikabarkan dalam agama-agama utama di dunia”. Ia adalah “Juara yang berasal dari Tuhan dengan jubah pakaian semua para Nabi”.

    Sejak pendakwaannya bahwa ia adalah Al-Masih yang dijanjikan sampai kewafatannya pada tanggal 26 Mei 1908, aktivitas kenabiannya tidaklah surut. Ia memimpin Jemaat Ahmadiyah yang pengikutnya mencapai ribuan orang. Selama di tahun-tahun awal gerakan Ahmadiyah, ia sendiri senantiasa tampil memimpin dalam pertandingan (perdebatan) dengan para pemimpin agama dan para pendakwa juru selamat yang membangkitkan rasa kepercayaan dirinya dengan bijaksana. Para penentang dan lawan-lawannya mulai dari para pemimpin Arya Samaj (Hindu) sampai pendeta Kristen di India dan di Amerika Serikat. Melalui semua konflik pribadi yang diembannya sebagai pemenuhan pendakwaan kenabiannya, ia terus membawa perintah-perintah wahyu yang tujuannya adalah kepada kemajuan Islam dalam zaman baru yang sedang tampil didepan.

    Semua energi kemanusiaannya, sebagaimana dipercayai para pengikutnya, difokuskan kepada satu sebab bahwa kebangkitan Islam ini adalah genapnya pemenuhan ruhani dari semua agama-agama dunia. Namun ia bukanlah pembawa amanat yang netral. Peranannya adalah disengaja dibawah kesadaran akan rencana Tuhan. Tidak hanya memberitahukan terpenuhinya nubuatan (para nabi), namun lebih kepada takdirnya adalah untuk mewujudkan proses sejarah ketuhanan. Diantara banyak pernyataan Hazrat Ahmad yang membuktikan kepastian akan peranannya adalah: …”Adalah jelas bagiku berdasarkan wahyu Tuhan bahwa Al-Masih yang kedatangannya telah dijanjikan diantara orang Islam sejak awal, dan Mahdi yang kedatangannya telah ditetapkan Tuhan disaat merosotnya Islam dan tersebarnya kekeliruan, dan akan dibimbing secara langsung oleh Tuhan, dan mengajak orang turut ambil bagian dalam perjamuan surgawi, dan kedatangannya telah dikabarkan oleh Nabi Suci saw seribu tiga ratus tahun yang lalu, adalah aku sendiri. Wahyu Tuhan akan soal ini telah diberikan kepadaku dengan sangat terang dan terus menerus sehingga tidak lagi tersisa ruang bagi keraguan. Wahyu itu penuh dengan genapnya nubuatan-nubuatan agung yang benderang seterang siangnya hari. Seringnya (wahyu) dan jumlahnya serta kekuatan yang menakjubkan memaksa aku untuk mengakui bahwa itu terdiri dari perkataan-perkataan yang berasal dari Tuhan Yang Esa tanpa sekutu bagi-Nya, Sang Pemilik Kalam Al-Quran. Agar mendapatkan ridha Allah, aku dengan ini memberitahu kamu semua pentingnya kenyataan bahwa Tuhan Yang Maha Perkasa, diawal abad ke 14 ini, memilih aku yang berasal dari-Nya bagi kebangkitan dan pendukung kebenaran ajaran Islam”.

    Penulis telah diberitahu bahwa ia adalah pembaharu (mujadid) zaman ini dan ketinggian ruhaninya memiliki kesamaan dengan ketinggian ruhani Yesus, putera Maria, dan keduanya saling berhubungan satu dengan lainnya dan memiliki kemiripan satu dengan lainnya.

    Dan akhirnya :

    “Pertanyaan yang tersisa siapakah Imam zaman ini haruslah, berdasarkan Perintah Ilahi, ditaati oleh seluruh kaum Islam, shaleh, penerima wahyu dan kasyaf. Tidak ada keraguan padaku untuk mengakui bahwa akulah Imam zaman ini”.

    Bagaimanapun juga, ia sangat seksama dalam melukiskan misinya : “Tapi aku adalah seorang Rasul dan seorang Nabi tanpa syariat baru dalam beberapa hal Tuhan mewahyukan padaku apa yang tersembunyi, dan karena kelemah-lembutan yang telah dilimpahkan kepadaku karena ketaatanku kepada Nabi Muhammad saw, dan karena mendapatkan namanya”.

    Ia berkali-kail tetap bertahan dengan pendapatnya bahwa Meterai Kenabian (khaatamul-anbiyya) tetap terpelihara. Ia adalah bagi Muhammad (nabi pembawa syariat yang memiliki Kitab) sebagaimana Yesus bagi Musa (yang memiliki hukum kuno, messias telah datang tidak untuk membatalkan, tetapi hanya menggenapkan). Ini adalah penting, kemudian untuk menghargai ketulusan Ahmadiyah adalah mencatat apa yang Ahmad tidak dakwakan. Musuh-musuhnya, bagaimanapun juga biasanya tidak berkeinginan menjadi sangat diskriminatif. Menurut mereka, pendakwaannya membahayakan pandangan yang ada mengenai akhir dari kenabian Muhammad. Hal itu mungkin terlihat sangat baik, namun pendakwaan Ahmad hanya untuk menjadi penafsir pesan Al-Quran yang terilhami dan pembawa pesan lahirnya kembali serta pembaharuan atas satu agama yang hakiki: “Bagi umat manusia tidak ada kitab lain kecuali Al-Quran, dan bagi bani Adam, tidak ada Utusan (Rasul) dan perantara lain kecuali Muhammad, yang terpilih saw”. Ahmad adalah seorang nabi, bukan Nabi (pembawa syariat), Al-Quran (tidak ada Quran lain), Kitab (tidak ada kitab suci lain), (juga) bukan sebuah buku diantara banyak (buku), Islam agama asli yang dipulihkan oleh sokongan Ahmad.

    Masih banyaknya kaum Muslim yang merasa gusar dan terhina, alasannya tidak diragukan lagi adanya kekolotan yang wajar atas keimanan, dan nampaknya akibat dari hal tersebut adalah keinginan untuk menyalah-artikan nubuatan-nubuatannya yang penuh dengan retorika. Pada kaum Kristen juga ditemukan alasan-alasan (yang serupa) untuk diserang. Paradoks besar orang Kristen dirasakan ada di Punjab sama halnya (paradoks) itu ada pada berbagai peristiwa lain yang bahkan lebih dari kesuburan tanah : pengharapan datangnya Yesus kedua kalinya menambah suburnya penyebaran agama Kristen, sementara kenyataan adanya kemungkinan kembalinya (Yesus) terancam dengan berkurangnya semangat yang membara akan keyakinan itu. Rupanya sesuatu dirasakan lebih penting dengan menunggu datangnya seorang tamu daripada berbicara dengan tamu yang sekali datang ke ruang tamu anda. Demikianlah dengan Hazrat Ahmad. Namun kita mungkin mengerti kritikannya, dengan adanya cara pendakwaan yang rumit.

    Tidak hanya dia akui bahwa ia memiliki “kesamaan yang khas dengan Yesus” namun pada sisi negatifnya, ia telah diutus …”bahwa aku akan melumpuhkan doktrin salib. Untuk itulah aku telah diutus,” ia melanjutkan, “untuk memecahkan salib dan membunuh babi.”

    “Syrik”-nya kaum Kristen membawa mereka kepada suatu penafsiran yang aneh mengenai penyaliban. Anggapan terhadap eksekusi (penyaliban) Yesus telah diartikan sebagai suatu pengorbanan dirinya-sendiri untuk penebusan – Sebenarnya Tuhan membayar dirinya-sendiri bagi suatu penebusan agar ciptaannya memikat dengan (memiliki) kerajaan-kerajaan dan kekuatan-kekuatan atas dunia ini. Bagi kebanyakan kaum Muslim gagasan itu mungkin tidak dapat dipahami; bagi orang Ahmadi gagasan itu menjadi benar-benar suatu laknat. Sebagai pengganti dari khayalan keagamaan itu, Ahmad menawarkan suatu skenario yang kelihatannya lebih – kemungkinan lebih, karena disana buktinya dirasakan dapat diuji untuk suatu alternatif.

    Di negeri Kashmir, di ibu kota Srinagar, sebuah kuburan telah ditemukan, melindungi jenazah dari seorang nabi kuno yang dikenal sebagai Yus Asaf. Ketika anggapan atas legenda ini bertemu dengan nubuatan Al-Kitab dan dengan membaca Injil-Injil secara teliti, kisah tradisional pasca penyaliban berubah secara radikal. Untuk memenuhi nubuatan bahwa messias harus mengajarkan “domba Israel yang hilang,” Yesus pulih dari luka parah akibat penyaliban, pergi berpindah tempat ke arah Timur kepada domba-domba Afghan yang kesasar dan kepada suku-suku di deretan sebelah Utara India-Pakistan dimana tinggal suku-suku pengembara (nomad) yang sampai dengan hari ini budaya, agama dan sifat khas ras-nya terbuat dari bangsa Semit asli adalah merupakan sebab yang dapat diterima seluruhnya. Disana “Yus Asaf” menikah, melanjutkan pekerjaan kenabiannya, menjadi orang tua dan wafat dalam usia 120 tahun.

    Keturunannya sampai generasi ke 65 masih tinggal di daerah sekitar makamnya. Dengan demikian Hazrat Ahmad telah “melumpuhkan doktrin salib” dan selanjutnya lebih memperbaiki pekerjaan Islam tradisional mengenai Yesus, putera Maryam. Kenyataan-kenyataan dan argumentasi-argumentasi yang disusun oleh Ahmad dalam bukunya Al-Masih di India, menjadi dan merupakan kisah terhindarnya Yesus dari kematian diatas salib serta perjalanannya ke India.

    Kata-kata pembukaannya dalam buku itu adalah layak dicatat sebagai petunjuk atas motivasi serta pernyataannya : “Aku menulis buku ini dengan maksud untuk menjauhkan pandangan-pandangan yang keliru dan berbahaya tentang kehidupan awal dan kehidupan akhir nabi Isa as – yang sudah ada di kebanyakan golongan Islam dan Kristen – dengan mengemukakan fakta-fakta yang benar, kesaksian-kesaksian sejarah yang meyakinkan dan yang telah terbukti, serta naskah-naskah kuno umat non-Muslim lainnya. Yakni, pandangan-pandangan yang dampak-dampak mengerikannya itu tidak hanya menghambat serta menghancurkan konsep Tauhid Ilahi, melainkan pengaruhnya yang sangat buruk dan beracun sedang tampak menggerogoti keadaan akhlak umat Islam di negeri ini”.

    Jadi, pesan dari pendiri Ahmadiyah menjadikan suatu perubahan serius dari ajaran Gereja sama halnya dengan suatu perbaikan atas pengertian Yesus bagi kaum ortodoks Islam.

    Masih ada tantangan lain yang diajukan oleh Ahmad dan pengikutnya kepada pandangan ortodoks. Masih Mau’ud melarang jihad terhadap pemerintah Inggris. Beberapa menuduhnya memiliki motif untuk kepentingannya sendiri, meskipun perintah yang ada berlawanan dengan jihad dalam kasus tertentu memperlihatkan sikap pengecut secara umum dan kurangnya gairah terhadap Islam. Seperti biasanya suatu kasus, bagaimanapun juga, motif-motif yang sebenarnya berbeda dan didasarkan atas wahyu ketimbang perhitungan-perhitungan politis. Hazrat Ahmad menjelaskan larangan terhadap jihad dengan cara sebagai berikut : “Singkatnya, dijaman Rasulullah saw, landasan jihad Islam adalah bahwa kemurkaan Tuhan telah bangkit kepada kaum yang zalim. Akan tetapi hidup dibawah pemerintahan yang baik/ramah, seperti pemerintahan ratu kita, adalah bukan jihad namanya untuk membuat rencana pemberontakan terhadapnya melainkan suatu gagasan biadab yang lahir dari suatu kebodohan”.

    Ia selanjutnya menyatakan, dalam nuansa bahasa yang didorong oleh misinya : “Jihad zaman ini adalah berjuang untuk meninggikan kalimat Islam, untuk menyanggah keberatan-keberatan pihak lawan, untuk mempropagandakan keistimewaan-keistimewaan ajaran Islam dan untuk menyatakan kebenaran Rasulullah saw di seluruh dunia. Ini adalah Jihad sampai Tuhan Yang Maha Besar mendatangkan suasana lain didunia ini. Semangat jihad dengan senjata kemudian dapat dialihkan jadi “Jihad Akbar”, atau berjuang melawan hawa nafsu, menuju kepada disiplin ruhani yang akan memungkinkan masyarakat meraih ridha Tuhan, bangkitnya kembali Islam”.

    Baiklah, mari kita teruskan. Namun tidak ada waktu yang cukup bagi kita dalam suatu karangan singkat, bahkan untuk suatu pengenalan saja. Kemungkinan motif dan kekuatan gerakan Ahmadiyah dalam Islam dapat dipahami dari satu pernyataan akhir Masih Mau’ud. Sehubungan dengan janji setia dari para pengikutnya, ia bersabda :

    “Hendaknya diketahui oleh semua orang yang berhati tulus yang telah mengambil janji Ba’iat bahwa tujuan dari perjanjian ini adalah dinginnya kecintaan kepada dunia dan dalam hati sanubari harus tumbuh kecintaan kepada Tuhan dan Rasulullah dan jiwa dijauhkan dari dunia ini sehingga tidak timbul keraguan untuk perjalanan selanjutnya”.

    Al-Quran menyatakan, “Tidak ada paksaan dalam agama”. Siapa saja yang secara sukarela mengambil perjanjian dengan nabi-nya Nabi (saw), Islam tetap menjadi agama yang masa depannya dapat dicapai. Masih sanggahannya Hazrat Ahmad, “Ini bukanlah suatu ungkapan baru”. Mahdi tidak menganggap untuk mengganti kedudukan mulia setiap nabi, misinya adalah hanya mengembalikan keimanan sejati dan kemurnian serta pengertian hakiki tentang Tuhan yang mana telah, sedang dan akan menjadi agama yaitu Islam.

    Apapun yang muncul diluar Gerakan ini, didalam Jemaat Ahmadiyah para pengikutnya dapat menyatakan dengan kesadaran penuh mengenai diri mereka dan pendirinya.

    Satu kalimat terakhir, untuk menghilangkan dugaan mengenai nama Gerakan ini adalah suatu penghormatan kepada egotisme Masih Mau’ud. Kenapa gerakan ini asalnya dinamakan Gerakan Ahmadiyah dalam Islam ? Perkataan Masih Mau’ud :

    “Nama yang tepat untuk Gerakan ini dan yang mana kami lebih menyukai menyebut bagi diri kami adalah Muslim sekte Ahmadiyah. Kami telah memilih nama ini karena Rasulullah saw memiliki dua nama. Muhammad dan Ahmad; Muhammad adalah nama sifat keagungan dan Ahmad adalah nama sifat keindahannya … Tuhan telah mengatur kehidupan Rasulullah saw, kehidupannya di Mekkah sebagai manifestasi dari nama Ahmad dan kaum Islam telah diajarkan kesabaran dan ketabahan. Kehidupannya di Medinah sebagai manifestasi dari nama Muhammad, dan Tuhan dalam kebijaksanaan-Nya menetapkan untuk menghukum musuh-musuhnya. Namun ada suatu nubuatan bahwa nama Ahmad akan dimanifestasikan kembali di akhir zaman dan orang itu akan muncul dengan menyandang kualitas keindahan sebagai karakter Ahmad dan semua peperangan akan berakhir. Untuk alasan inilah telah dipertimbangkan dengan baik bahwa nama untuk sekte ini sebaiknya Ahmadiyah, sehingga tiap orang yang mendengar nama ini menyadari bahwa sekte ini telah datang untuk menyebar kedamaian serta keamanan dan tidak akan berhubungan dengan perang dan perkelahian”.

    Adalah benar-benar ironis bahwa suatu Gerakan yang menganjurkan perdamaian diantara kaum beragama dan, tentu saja, adalah arti dari nama agama Islam, harus dihilangkan kebebasannya dalam beribadah dan kepercayaannya serta misinya dinegara asalnya dan diberbagai tempat lainnya dalam dunia Islam. Adalah juga sejarah yang mengenaskan bahwa ajaran perdamaian ini harus dipisahkan dari Islam itu sendiri.

    Louis J. Hammann
    Gettysburg College

    Louis J. Hammann Ph.D.
    Professor of Religion
    Gettysburg College
    May 15 1985
    Published by :The Ahmadiyya Movement in Islam Inc.

    2141 Leroy Place, N. W. Washington DC 20008

  48. MasYA aLLAh….,,
    Saia ada saran mas…!!???
    KLO ada pendapat kasi taU sUmber`e…

    itu kata” sampean Opini apa fakta…

    KLo di balez sama dalil” dari Orah ahmadiyya gi mana hayOo…,,
    kMu bSa.. apa ??!! Punya Kuasa apa..
    Qta mah SungguH LEmah… tak berdaYa..

    kan aLLah maha mengetahui dan Maha Kuasa…
    SunggUh Hanya dia Yang tau 7an semuai ini..!!!???

  49. Numpang nanya nih sm yg tahu ttg amhadiyya, kalau mirza ghulam ahmad diaggap sebagai imam mahdi/al masih, dan karena dia skrg sudah wafat, berarti kemunculan dajjal sudah ya, dan juga sudah tiada, krn ada hadist :
    “Lalu Allah mengutus Isa putra Maryam, dia mirip Urwah bin Mas’ud. Isa memburu Dajjal dan membinasakannya.” (HR. Muslim, Mukhtashar Shahih Muslim no. 2052).

    Atau bagaimana?
    Trmkash.

  50. Ass wr wb

    Jika ahmadiyah mau eksis di indonesia, nyatakan bahwa ahmadiyah bukan agama islam pada KTPnya, sehingga kami dan keluarga kami bisa menjaga akidah islam kami dan menjalankan lakum diinukum waliyyadiin..

    Wassalam

  51. Ass wr wb,
    Sekali mahdi yang dijanjikan adalah manusia biasa yang menjalankan lagi Quran dan Sunah dan memerangi kezoliman.
    Islam melarang pengultusan pribadi seseorang, termasuk pengultusan Nabi Muhammad sendiri!!! Ahmadiyah mengultuskan Mirza lebih jauh lagi.

    A’udzubillah himinasysyaitoonirrojiim

    Wass wr wb

  52. ATTENTION
    tolol tolol aja nih orang ahmadiyah,,,,nabi kok dari india ,,,kalo pawang ular saya yakin,,,,dah kalo emang gitu caranya gw jadi nabi kalian aja dah,,,pokoknya d jamin kalian seua masuk sorga,,,,salam mesra dari NABI TOLOL,,,,jangan lupa sembah gw,,,DASAR TOLOL,,zaman modern kok TOLOL percuma sekolah,,,mending ngangon KEBO aja,,,ah males gw ngomong ama orang orang TOLOL,,,,

  53. Akhir zaman sudah dekat. Maka saatnya berbenah diri dan meluruskan hatinya untuk mengikuti ajarannya masing-masing.
    Jangan di ributkan karena sudah azabnya.

    Berdoa dengan tulus, agar semua orang yg kita cintai selalu di lindungin dan di jauhkan dari semua marah bahaya.

    -Wasalam-

  54. Iya mas, saya pernah dengar di pengajian kampus di UGM dulu, kalau Ahmadiyah adalah bentukan pemerintah Inggris yang sedang bercokol di India (waktu itu pakistan belum lepas dari india) tujuannya untuk memecah belas umat islam dan membuat kelompok islam yang gak ada jihadnya… pada waktu itukan jaman penjajahan dan para mujahid lagi getol getolnya jihad melawan Inggris

  55. Ummat islam lkhtilaf dalam masalah far’iyah wajar aja. Tapi klo ikhtILAF dalam masalah ushuliyah itu bukan muslim namanya……
    pokoknya ngak ada tempat bagi ahmadia mengatakan dirinya islam sedangkan aqidahnya tidak sesuai dengan apa yg diajARkN Rosulullah SAW

  56. Untuk semua yang bersaksi tada tuhan selain Allah dan Muhammad SAW sebagai utusan Allah sekaligus pula Nabi penutup.

    Q.S Ali ‘Imran 3:20

    فَإِنْ حَاجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلَّهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا فَقَدِ اهْتَدَوا ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

    Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

    janganlah kita umat Muslim menghakimi ataupun lain sebagainya. yang nantinya bisa berakibat kepada Muslim di Dunia termasuk Islam keseluruhan. trm ksh saudara2ku

    kepada umat Ahmadiyya, saya sngt ingin berdiskusi dgn sdr2 sekalian, Insha Allah dgn sgala kerendahan hati. atau apakah ada forum yg bisa menunjang silahturahmi kita?

  57. Al-Mahdi dan Al-Masih adalah orang yang berbeda (2 orang). Al-Mahdi turun lebih dahulu dan Dia keturan Muhammad SAW (HR Abu Daud dan Hakim).
    Kemudian turunlah Isa AS dan mereka bersama2 memerangi dajal yang menurut hadist Buchari/Muslim matanya picek(peceng) alias buta sebelah. Pernahkah si Ghulam yang mengaku Al-Mahdi sekaligus Al-Mash memerangi si peceng?
    Adakah bukti si Gulam keturunan Muhamad SAW?
    Tulian ‘Tapi aku adalah seorang Rasuk dan seorang Nabi tanpa syariat baru. Dalam beberapa hal Tuhan mewahyukan kepada apa yang tersembunyi dst..’
    Seorang Islam sejati pasti memahami ‘sejak Nabi Muhammad wafat, tidak akan pernah turun (lagi) wahyu, termasuk pada si Ghulam.
    ‘pertanyaan siapa Imam zaman ini haruslah berdasarkan perintah Ilahi, ditaati seluruh umat Islam’.
    Fakta: Ahmadya lebih banyak ditetentang oleh kaum Islam dari pada pengikutnya (Ahmadya).
    Tulisan ‘Mesiah/Al-Mahdi menggenapkan syariat dan kitab Alqur’an’.
    Alqur’an dan syari’at yang dibawah nabi Muhammad SAW sudah lengkap dan cukup. Barang siapa menambah/mengurangi Alquran, mereka adalaah golmgan yang sesat.
    Si Gulam telah menduga2/membuat skenario, yesus ( Isa AS ) rekamat dan pulih dari luka parah akibat disalib dan pergi ke timur, gamti nama Yus Asaf kemudian menikah. Wafat dg usia 120 tahun.
    Sama sekali bertolak belakang dengan isi Alquran.
    Bagai mana mungkin penerima wahyt cuma bisa mendug2 dan membuat skenario. ( mungkin si Ghulam punya pekerjan sampingan sbg sutradara disamping sbg nabi palsu )
    ‘si Ghulam melarang jihad thdp penjajah Inggris’
    Si Ghulam patuh terhadap penjajah yang notabene berbeda keyakinan dan merampas hak asasi rakyat di tanah airnya semdiri.

  58. untok saudara rizky tolong hati2 apabila memurtad kan orang lain itu kmu tau tuhan saja yang dapat menetukan siaapa yang murtad….Allah saja yang ber hak memutuskan siapa yang murtad ok..kamu pun bukan malaikat yg mendapat arahan dari tuhan untok memurtad kan orang lain ..yang pasti nya ucapan kamu itu kembali kpda kamu sendiri ”jadi kmu tau sendiri la

  59. untok adam apakah kmu pernah hidup se Zaman dngan Mirza gulam ahmad A.S… kmu benar2 yakin suka2 ikutan fitnah orang…. apkh kh kmu sudah menylidik betul betul …sdngkan ada satu ayat dlm al quran …Allah mengatakan .apabila sesorang musrik datang kpda kmu membawa berita maka dngarkan lah dan selidik

  60. Pada asyik ngebahas Ahmadya ya…????

    Terlebih dahulu sy mnta maaf klo ada yg kurang atau tdk brkenan dgn comentar sy.

    Kitab suci itu jangan suka ditafsir Lho.
    Klo ditafsir,sama dengan memasukan Pikiran anda kedalam pikiran Tuhan.
    Pikiran Tuhan itulah Kitab suci.
    Tetapi cobalah utk memasukkan pikiran Tuhan itu kedalam pikiran anda.
    Sebab klo anda memaksa memasukkan pikiran anda ke dlm pikiran (kitab) Allah, anda pasti susah menerima menerima pikiran Tuhan itu sendiri.
    Kitab itu bukan untuk ditafsir,tetapi utk difahami hubungan Manusia dgn Tuhan dan Hubungan manusia dgn manusia dzn di jalankan dlm kehidupan sehari-hari.
    Klo utk ditafsir mah, kayaknya susah.
    Kagak ketemu dgn penafsir lainnya.
    Akhirnya menebar kebencian antara penafsir.
    Dan akhirnya betul jg kata Lae Andi silalahi ‘ klo uda benci,bawaknya selalu sinis dgn tafsiran org lain.

    Satu lagi,
    Nabi Isa AS yg anda kenal dlm ajaran agamanya, kaga usa ditunggu lagilah,
    Sebab Dia itu sudah datang ke dunia 2011 tahun yg lalu. Benar memang yg katanya bakal datang Lagi,tapi bukan utk mengajar lagi,tetapi untuk penghakiman(anda kenal sebagai akhirat).Jadi tolong jangan menghina-hina Tuhan kami Yesus Bin marya.
    Karna Dia jg sdh berpesan kpd umat kristiani kalau Dia bukanlah utusan Alla,tetapi dia adalah Allah sendiri.
    Dan tdk seorangpun manusia boleh masuk ke Sorga klo tdk melalui Dia(Yesus).

  61. Di agama kami juga sudah muncul yg beginian.
    Saksi Yehuwa namanya.
    Yehuwa ini adalah bahasa Ibrani yg artinya Allah atau nama Lain dari Allah
    Tetapi agama kriten sendiri,membiarkan orang Lain menafsirkan kitab suci. Memasukan pikiran mereka ke dlm pikiran Tuhan.
    Tuhan pasti punya tujuan akan semua ini.
    Tuhan uda tau klo manusia dibumi ini sebagai makhluk ciptaanNya sdh tdk lagi memuliakan Tuhan sediri.

    Jadi saran saya, Biarkanlah mereka dgn segala penafsiran mereka
    Dan Jadikanlah ini semua tuk memperkuat Iman saudara semua demi kemuliaan Tuhan. Karna Tuhan patut dimuliakan dan dipuji.Sang pencipta langit dan Bumi dan segala isi Bumi ini.

    Sekali lagi,mohon maaf klo tdk berkenan di hati saudara/i semua.
    Tuhan memberkati kita semua…
    Disini sy tdk meng-Aminkan.
    Tapi saudara yg hatinya berkenan,tolong diAminkan.
    Dihatiku jg sdh mengAminkan kok.

  62. komentar akhi sah saja tapi belum menyentuh kebenaran, Komentar2 bernada sindiran, cemoohan, dan penghakiman sepihak seperti ini akan semakin menjauhkan kaum ahmadi dari upaya menarik mereka kembali. Rangkul mereka, jangan dibenci, ajak..jangan di ejek…! Kesuksesan Rasulullah merobah masyarakat Makkah dari kafir menjadi muslim sejati bukan karena menunjukkan ini salah, itu salah, tapi karena akhlak beliau yang sejuk, teduh, dan mengundang simpati, baru setelah masyarakat mekkah mengenal dekat pribadi beliau yg santun, kebenaran Islam disampaikan. semoga menjadi perenungan akhi, tks.

  63. Setiap utusan tuhan turun pasti ditentang, seperti kepada Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad, dia adalah seorang Mahdi..sya udah Baca dan membandingkan literatur ahmadiyah serta literatur Keislaman dan Non islam lainnya, JAWABANNYA : BENAR Beliau adalah seorang Mahdi utk Zaman ini. kalau mau diskusi keilmuan mengenai ini silahkan email sy di mubarakpublishing@ymail.com

  64. saudara sekalian, para nabi dan rasul sebelumnya jejak rekam mereka dari kecil hingga masa kenabian dan kerasulan dan asal usul keluarganya sdh jelas dari bibit, bobot, bebet yan baik. Nabi Muhammad misalnya : sebelum masa kenabian telah diceritakan oleh para ahli kitab akan kedatangan dan keberadaannya. Bagaimana dengan Mirza Ghulam Ahmad!?

  65. Ahmadiyah tidak bisa dibubarkan, karena Ahmadiyah bukan organisasi kriminil & tidak ada pelanggaran pidana maupun perdata yang dilakukan JAI (Jamaah Ahmadiyah Indonesia). JAI bisa dibubarkan kalau melanggar hukum CONTOH 1. Pelanggaran Kriminal misalnya orang Ahmadiyah mencuri , membunuh atau menipu masyarakat kalau seperti ini Ahmadiyah bisa dibubarkan. 2. Meresahkan masyarakat misalnya bikin onar ngamuk kesetanan merusak rumah orang, bakar2 masjid, menyerang & memukuli perempuan dan anak2 seperti di Monas atau sweeping2 liar yg tidak jelas legalitas hukumnya. ini yang dilakukan FPI. Kalau Ahmadiyah kelakuannya seperti FPI harus dibubarkan. 3. Mengadakan CUP, Kudeta, pengkhianatan,makar atau pemberontantakan. Ini yang dilakukan PKI, PKI dibubarkan bukan karena mereka komunis atau atheis tapi karena mereka makar. Coba PKI tidak makar sampai sekarang PKI pasti masih ada. Kalau Ahmadiyah melakukan kudeta seperti PKI, Ahmadiyah bisa dibubarkan. 4. Melakukan kegiatan mata2 atau spionase internasiional, menjadi agen inteligen negara asing. Kalau Ahmadiyah/JAI terbukti sebagai intel negara asing bisa dibubarkan. 5. Melaku Kegiatan Terorisme, misalnya ngebom target2 sipil, ajarannya menganjurkan pembunuhan, merekrut dan melatih warga sipil menjadi bomber dll. kalau Ahmadiyah melakukan seperti ini, Ahmadiyah bisa dibubarkan. Jadi kalau mau membubarkan Ahmadiyah harus dicari dulu pelanggaran pidana yang dilakukan oleh Ahmadiyah/JAI. Ini yang ga ketemu sampai sekarang. makanya Presiden SBY ga mau keluarkan SK pembubaran Ahmadiyah karena memang ga ada pelanggaran pidana yang dilakukan oleh Ahmadiyah/JAI. Kalau SBY nekat membubarkan Ahmadiyah maka SBY & Indonesia akan dikenal di dunia sebagai Presiden dan negara RASIS. Ahmadiyah dibubarkan bukan karena mereka jahat atau melanggar hukum lainnya tapi karena mereka berbeda. ini tipikal negara RASIS dimana perbedaan adalah kejahatan. Orang bisa dihukum karena mereka beda bukan karena jahat. Tapi yang pasti Ahmadiyah adalah islam yang moderat & berwajah ramah. Orang2nya juga santun dan patuh kepada hukum. Ahmadiyah itu bukan Teroris seperti FPI. Jadi secara legal formil Ahmadiyah tidak bisa dibubarkan. lantas bagaimana dengan fatwa MUI tentang kesesatan Ahmadiyah. Waduuhhhh………… maaf2 aja fatwa MUI ga laku di hukum nasional kita, fatwa MUI ga bisa dipakai untuk legalitas pembubaran Ahmadiyah. Fatwa MUI bisa dipakai kalau konstitusi kita (UUD45) diganti dengan Hukum Syariah. ini prosesnya rumit & lama banget……….. jadi sebenarnya pembubaran Ahmadiyah hanya imagine aja,

  66. Kalo ahmadiyah organisasi kok ada nabi baru? Ada tuntunan baru seperti berwasiat bermakam di Qadyan, mewajibkan pungutan buat khalifah Ahmadiyah dan menyampingkan zakat, dsb.
    Buat yang awam, silakan belajar dengan para mantan pengikut Ahmadiyah di :

    http://thecult.info/blog/

    Disana kita banyak belajar tentang ahmadiyah secara obyektif.
    Wallahualam,

  67. saya hanya pemerhati saja, ternyata kaum ahmadi dan non ahmadi sama-sama mengimani rasulullah s.a.w sebagai khatamannabiyyin, tidak ada yang berbeda. perbedaan penafsiran adalah lumrah karena otak manusia berbeda-beda isinya.

  68. Tugas bangsa Indonesia diera globalisasi adalah wajib menghakimi perselisihan agama-agama memenuhi Quran 2:113 3:55 10:93 16:92,124 22:69 32:25 45:16,17,18 dengan panduan Buku “Bhinneka Catur Sila Tunggal Ika” dengan bonus “Skema Tunggal Ilmu Laduni Tempat Acuan Ayat Kitab Suci Tentang Kesatuan Agama”
    Tersedia di
    Perumahan Puri BSI Permai Blok A no.3
    Jl. Samudera Jaya
    Kelurahan Rangkapan Jaya
    Kecaaamatan Pancoran Mas
    Depok 16435

    Telepon / Fax. 02177884755

    HP. 085881409050

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s